VARIASI BAHASA SLANG PADA KETERANGAN FOTO AKUN LAMBE TURAH DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH

BAIQ, DWI INTAN CAHYANI (2020) VARIASI BAHASA SLANG PADA KETERANGAN FOTO AKUN LAMBE TURAH DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi variasi bahasa slang pada teks keterangan foto akun Lambe Turah di media sosial instagram serta mengetahui implikasinya terhadap dunia pendidikan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik lanjutan, yaitu teknik catat. Metode analisis datanya menggunakan metode padan intralingual dan ekstralingual. Hasil analisis data disajikan dengan metode formal dan informal. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bentuk dan fungsi bahasa slang dalam teks keterangan foto akun instagram Lambe Turah. Bentuk bahasa slang Lambe Turah meliputi bentuk kata, frase, klausa, dan kalimat. Fungsi bahasa slang Lambe Turah terdiri dari fungsi personal, fungsi direktif, fungsi fatik, fungsi referensial, dan fungsi imaginatif. Implikasi penelitian ini dengan pembelajaran bahasa Indonesia yaitu dapat dijadikan bahan pembelajaran pada materi iklan, slogan, atau poster dan materi teks anekdot.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: variasi bahasa, bahasa slang, instagram, lambe turah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2020 07:24
Last Modified: 23 Nov 2020 07:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18462

Actions (login required)

View Item View Item