i PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IOC (INSIDE OUTSIDE CIRCLE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V GUGUS 04 KECAMATAN PUJUT PADA PEMBELAJARAN IPS TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RAHMAWANTI, RAHMAWANTI (2020) i PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IOC (INSIDE OUTSIDE CIRCLE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V GUGUS 04 KECAMATAN PUJUT PADA PEMBELAJARAN IPS TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Rahmawanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasi Eksperimen) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inside Outside Circle terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Gugus 04 Kecamatan Pujut Pada Pembelajaran IPS tahun Pelajaran 2020/2021. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus 04 Kecamatan Pujut. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sampelnya adalah kelas V SDN 2 Truwai sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Bedus sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes hasil belajar. Data hasil belajar siswa berupa pretest dan posstest. Uji normalitas dilakukan dengan perhitungan data berupa hasil pretest dan posstest, kemudian setelah data berdistribusi normal dilakukan uji homogenitas yang diperoleh dari hasil perhitungan data posttest, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji t menggunakan perhitungan data posttest siswa. Berdasarkan data hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji-t (t-test) diperoleh thitung sebesar 2,547 sedangkan ttabel sebesar 2.015 pada taraf kepercayaan 5%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Inside Outside Circle terhadap hasil belajar siswa. Selanjutnya di uji effect size dengan perolehan nilai sebesar 2,57 dengan kriteria tinggi karena >1,00 berdasarkan hasil perhitungan nilai effect size Cohen’s d

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :Model Inside Outside Circle, Hasil Belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Nov 2020 01:30
Last Modified: 24 Nov 2020 01:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18474

Actions (login required)

View Item View Item