PENAMBAHAN EKSTRAK BAWANG MERAH (Allium cepa L) DALAM PENGENCER TRIS KUNING TELUR UNTUK MEMPERTAHANKAN KUALITAS SPERMATOZOA KAMBING KACANG PADA SUHU RUANGAN

ROMARIO, ROMARIO (2020) PENAMBAHAN EKSTRAK BAWANG MERAH (Allium cepa L) DALAM PENGENCER TRIS KUNING TELUR UNTUK MEMPERTAHANKAN KUALITAS SPERMATOZOA KAMBING KACANG PADA SUHU RUANGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ROMARIO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak bawang merah ( Allium cepa L) dalam pengencer tris kuning telur untuk mempertahankan kualitas spermatozoa kambing kacang pada suhu ruangan. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium imunobiologi Fakultas MIPA Universitas Mataram. Materi penelitian ini yaitu semen kambing kacang berumur 2 tahun. Penampungan semen dilakukan 1 kali dalam seminggu dengan menggunakan vagina buatan. Metode penelitian ini menggunakan eksperimental laboratorik dengan Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan (P0, P1, P2, P3) dan 6 kali ulangan. Variabel yang diamati adalah motilitas, viabilitas dan abnormalitas spermatozoa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisi varia’s (ANAVA),hasil yang berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan’s pada program spss 16. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa spermatozoa kambing kacang dengan konsentrasi terbaik adalah P3 (0,3 ml) dengan motilitas progresif 56±5,85%, viabilitas 63±4,13% dan abnormalitas 9,1±1,83% selama penyimpanan 12 jam disimpulkan bahwa penambahan ekstrak bawang merah mampu mempertahankan kualitas spermatozoa kambing kacang pada penyimpanan suhu ruangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kambing kacang, semen, kualitas, ekstrak bawang merah.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:42
Last Modified: 24 Nov 2020 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18509

Actions (login required)

View Item View Item