PENGARUH PENAMBAHAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca forma typica) TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN MAS (Cyprinus carpio)

SUYATNI, SUYATNI (2020) PENGARUH PENAMBAHAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca forma typica) TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN MAS (Cyprinus carpio). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN AKHIR SUYATNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikan mas merupakan ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Salah satu kendala dalam kegiatan budidaya adalah ketersediaan pakan alami. Pakan alami adalah pakan yang berasal dari alam berupa plankton dan sebagainya. Keberadaan fitoplankton dalam media pemeliharaan dipicu dan ditingkatkan pertumbuhannya dengan pemupukan (Nainggolan, 2018). Pupuk yang dapat digunakan diantaranya adalah pupuk organik cair dari kulit pisang kepok. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik cair dari kulit pisang kepok terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan mas. Penelitian dilaksanakan tanggal 1-30 Juli 2020 di Kelompok Budidaya Onggong Negara 1 di Dusun Beber, Desa Pengenjek, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan yaitu perlakuan kontrol, P1 konsentrasi 1 μl/L air media pemeliharaan, P2 konsentrasi 2 μl/L air media pemeliharaan, P3 konsentrasi 3 μl/L air media pemeliharaan, dan P4 konsentrasi 4 μl/L air media pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan pupuk organik cair dari kulit pisang kepok ke dalam air media pemeliharaan tidak memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan mas. Pupuk organik cair dengan konsentrasi 2 μl/L menunjukkan berat mutlak tertinggi sebesar 1.81 gram dan laju pertumbuhan tertinggi sebesar 0.56% serta kelangsungan hidup tertinggi sebesar 86.67%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Ikan Mas, Pupuk Organik Cai r , Pertumbuhan, Kelangsungan Hidup
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:42
Last Modified: 24 Nov 2020 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18516

Actions (login required)

View Item View Item