PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR NTB TAHUN 2018 (Studi Di Kelurahan Monjok, Kecamatan Selaparang)

AYU, SAFIYANTY (2020) PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR NTB TAHUN 2018 (Studi Di Kelurahan Monjok, Kecamatan Selaparang). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Partisipasi merupakan keikut sertaan masyarakat dalam kegiatan politik dalam upaya menentukan keputusan dan kebijakan negara untuk menyejahterakan masyarakatnya. Penelitian ini dilakukan dalam kontekspartisipasi masyarakat, khususnya Kelurahan Monjok, Kecamatan Selaparang yang memiliki ragam karakteristik masyarakat yang berbeda-beda. Persoalan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah (1) bentuk partisipasi politik masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB tahun 2018 ?. (2) faktor yang melatar belakangi partisipasi politik masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB tahun 2018?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdsarkan hasil analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) partisipasi politik masyarakat dalam pelaksaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB tahun 2018 sangat aktif dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Terlihat dari keikut sertaan masyarakat dalam kegiatan pemberian Suara, Kampanye, dan ikut dalam diskusi politik (2) faktor yang melatar belakangi partisipasi politik masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB tahun 2018 ada faktor penghambat dan pendorong. Faktor pendorong adalah kesadaran politik masyarakat Kelurahan Monjok yang baik, pendidikan politik serta sosialisasi pemerintah dan faktor penghambatnya adalah keadaan ekonomi dan pekerjaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pemilihan Umum, Partisipasi Politik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:43
Last Modified: 24 Nov 2020 03:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18519

Actions (login required)

View Item View Item