ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH DITTO DALAM NOVEL TEMAN TAPI MENIKAH KARYA AYUDIA BING SLAMET & DITTO PERCUSSION : KAJIAN HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW

PUTRI, DIANITA FIRDAUS (2020) ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH DITTO DALAM NOVEL TEMAN TAPI MENIKAH KARYA AYUDIA BING SLAMET & DITTO PERCUSSION : KAJIAN HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SSSKRIPSI AKHIR PUTRI DIANITA F (E1C116060).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana psikologi tokoh Ditto dalam novel Teman Tapi Menikah Karya Ayudia Bing Slamet & Ditto Percussion menggunakan kajian psikologi Abraham Maslow. Penelitian ini dibuat berdasarkan alasan, yaitu novel ini best seller. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana psikologi tokoh Ditto berdasarkan teori struktur kepribadian Abraham Maslow dalam novel Teman Tapi Menikah Karya Ayudia Bing Slamet & Ditto Percussion. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif karena berusaha menjelaskan psikologi tokoh tersebut dengan mendeskripsikannya melalui kata-kata, kalimat yang terdapat dalam novel Teman Tapi Menikah karya Ayudia Bing Slamet & Ditto Percussion. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif yang mengacu pada psikologi humanistik Abraham Maslow yang menjelaskan tentang kebutuhan meliputi kebutuhan fisiologis (perasaan lapar dan haus), kebutuhan rasa aman (keamanan dan stabilitas), kebutuhan rasa cinta dan memiliki (rasa kasih sayang dan identifikasi), kebutuhan rasa penghargaan (prestise dan harga diri), dan kebutuhan aktualisasi diri (pencapaian semua potensi manusia). Adapun hasil dari penelitian berdasarkan teori kebutuhan bertingkat atau teori humanistik Abraham Maslow adalah seluruh aspek kebutuhan/tingkatan kebutuhan tokoh Ditto dapat terpenuhi dengan baik. Terpenuhinya tiap-tiap tingkatan tidak lepas dari usaha-usaha yang dilakukan oleh tokoh Ditto. Kebutuhan-kebutuhan bertingkat tersebut antara lain kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan cinta dan memiliki, kebutuhan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri. Berdasarkan ciri-ciri pribadi yang mengaktualisasikan diri, beberapa sikap tokoh Ditto juga menunjukkan bahwa dirinya telah mencapai taraf ideal dalam pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: kajian humanistik, psikologi tokoh, dan novel.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:46
Last Modified: 24 Nov 2020 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18524

Actions (login required)

View Item View Item