PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 PRAYA BARAT

FITRIANI, BAIQ (2017) PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 PRAYA BARAT. S1 thesis, UPT Perpustakaan.

[img] Text
Jurnal Baiq Fitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) melalui model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Praya Barat. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Praya Barat Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan pendekatan SAVI melalui model Problem Based Learning, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda pada materi koloid. Uji hipotesis dengan gain-t test menunjukkan thitung (0,44) < ttabel (1,684) pada taraf signifikan 5%, sehingga Ho diterima. Dengan demikian Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) melalui model Problem Based Learning tidak memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional (ceramah dan diskusi) terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Praya Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar, Pendekatan SAVI, Problem Based Learning, Koloid
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 31 Mar 2018 03:04
Last Modified: 31 Mar 2018 03:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1853

Actions (login required)

View Item View Item