PENERAPAN ALGORITMA KUANTUM VARIATIONAL QUANTUM EIGENSOLVER (VQE) UNTUK MENENTUKAN ENERGI KEADAAN DASAR MOLEKUL DIMER HELIUM

NANIK, ANDELITA (2020) PENERAPAN ALGORITMA KUANTUM VARIATIONAL QUANTUM EIGENSOLVER (VQE) UNTUK MENENTUKAN ENERGI KEADAAN DASAR MOLEKUL DIMER HELIUM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NANIK ANDELITA G1B016032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sejalan dengan perkembangan ilmu fisika dan teknologi informasi, belakangan ini telah dikembangkan komputasi kuantum yang menggunakan prinsip-prinsip Fisika Kuantum. Komputasi kuantum diharapkan dapat melahirkan teknologi kuantum yang memungkinkan terobosan teknologi untuk mewujudkan komputer masa depan yakni komputer kuantum. Komputer kuantum memanfaatkan fenomena mekanika kuantum yaitu superposisi dan entanglement. Penerapan konsep komputer kuantum membutuhkan komputasi menggunakan algoritma kuantum. Pada penelitian ini telah berhasil diterapkan algoritma kuantum Variational Quantum Eigensolver (VQE) yang bertujuan untuk menentukan energi keadaan dasar ( ) molekul Hidrogen ( ) dan Dimer Helium ( ). Orbital atom pada masing-masing molekul didekati dengan fungsi basis set STO- 3G dan 6-31G. Hasil molekul yang diperoleh menggunakan algoritma kuantum VQE adalah sebesar Hartree pada jarak antar atom . Adapun jarak antar atom untuk molekul yang diperoleh menggunakan algoritma kuantum VQE pada keadaan ekuilibrium yaitu sebesar dengan nilai sebesar Hartree. Nilai ini relatif sama dengan perhitungan secara diagonalisasi yaitu Hartree. Akurasi algoritma kuantum VQE ditunjukkan dengan nilai galat relatif maksimum terhadap nilai perhitungan secara diagonalisasi yaitu sebesar .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Komputer kuantum, algoritma kuantum VQE, basis set, energi keadaan dasar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Nov 2020 07:22
Last Modified: 24 Nov 2020 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18537

Actions (login required)

View Item View Item