PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2016-2017

ALFAN, MUHAMMAD ZAINURI (2017) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2016-2017. S1 thesis, UPT Perpustakaan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar matemaika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labuapi. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang monoton dan kurang menarik sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Siswa cenderung bermain dengan teman sebangkunya daripada memperhatikan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Labuapi tahun ajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi pokok fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes isian tiap akhir siklus dan data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor evaluasi belajar siswa pada siklus I adalah78,15 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80,00%. Pada siklus II, hasil ini meningkat menjadi 82,17 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,96%. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama dan kedua siklus I secara berturutturut berkategori rendah dan tinggi. Aktivitas belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi sangat tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada pembelajaran fungsi dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Labuapi tahun ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS), Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Fungsi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 31 Mar 2018 03:04
Last Modified: 31 Mar 2018 03:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1854

Actions (login required)

View Item View Item