EVALUASI SIFAT KUALITATIF DAN KUANTITATIF PADA HASIL SILANG BALIK (BACK CROSS) TANAMAN BLEWAH (Cucumis melo var cantalupensis L.) DENGAN MELON (Cucumis melo L.)

Eni, Mahayani (2020) EVALUASI SIFAT KUALITATIF DAN KUANTITATIF PADA HASIL SILANG BALIK (BACK CROSS) TANAMAN BLEWAH (Cucumis melo var cantalupensis L.) DENGAN MELON (Cucumis melo L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui keunggulan sifat kuantitatif dan perubahan sifat kualitatif pada hasil silang balik tanaman blewah dengan melon.Kegiatan penelitian dilakukan sejak September hingga Desember 2019 di Desa Peresak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok dengan lima perlakuan yakni P1 (blewah sebagai tetua betina), P2(melon sebagai tetua jantan), F1 (keturunan pertama), BC1 (hasil silang balik F1 dengan tetua betina) dan BC2 (hasil silang balik F1 dengan tetua jantan). Masing – masing perlakuan diulang sebanyak enam kali sehingga terdapat 30 unit percobaan. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis keragaman (Analysis of Varians). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat dua karakter kuantitatif yang mengalami keunggulan yaitu jumlah daun dan diameter batang tanaman sedangkan empat karakter yang berbeda nyata namun tidak mengalami keunggulan yaitu karakter jumlah bunga jantan, diameter buah, bobot buah segar dan kadar gula. Karakter kualitatif yang mengalami perubahan pada hasil silang balik berupa warna daging buah, warna kulit buah dan bentuk buah pada kelima perlakuan yang diamati.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Silang balik, blewah dan melon
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Nov 2020 07:22
Last Modified: 24 Nov 2020 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18540

Actions (login required)

View Item View Item