PENGARUH LAMA FERMENTASI DENGAN Saccharomyces cerevisiae TERHADAP MUTU CHIPS PORANG (Amorphophallus oncophyllus Prain)

LUH LARASATY SUKMADEWI, NI (2020) PENGARUH LAMA FERMENTASI DENGAN Saccharomyces cerevisiae TERHADAP MUTU CHIPS PORANG (Amorphophallus oncophyllus Prain). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PENGARUH LAMA FERMENTASI DENGAN Saccharomyces cerevisiae TERHADAP MUTU CHIPS PORANG (Amorphophallus oncophyllus P~1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Chips porang adalah produk berbahan dasar umbi porang yang dimodifikasi dengan cara fermentasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui lama fermentasi menggunakan Saccharomyces cerevisiae terhadap mutu chips porang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental yang dilaksanakan di laboratorium dan dirancang menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu faktor yaitu lama fermentasi (0, 24, 48, 72, 96 dan 120 jam). Data hasil pengamatan dianalisis dengan analis is keragaman (ANOVA) pada taraf nyata 5% dengan menggunakan software Co- stat. Data yang berbeda nyata diuji lanjut dengan BNJ. Hasil penelit ian menunjukkan bahwa perlakuan lama fermentasi dengan menggunakan Saccharomyces cerevisiae memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap kadar air, kalsium oksalat, nilai pH, total khamir, total mikroorganisme, rendemen dan warna. Perlakuan terbaik pada penelitian ini pada lama fermentasi 48 jam yang menghasilkan chips porang dengan total khamir 4,6 Log Cfu/g, total mikroba 6,4 Log Cfu/g, kadar air 6,45%, nilai pH 6,33, kalsium oksalat 0,23%, rendemen 11,91% dan warna 39,10.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: chips porang, fermentasi, mutu, Saccharomyces cerevisiae
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Nov 2020 01:23
Last Modified: 25 Nov 2020 01:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18548

Actions (login required)

View Item View Item