PERENCANAAN LUBANG RESAPAN BIOPORI SEBAGAI ALTERNATIF PENANGGULANGAN BANJIR DI PERUMAHAN JATI SELA REGENCY KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

RIWA A., M. (2020) PERENCANAAN LUBANG RESAPAN BIOPORI SEBAGAI ALTERNATIF PENANGGULANGAN BANJIR DI PERUMAHAN JATI SELA REGENCY KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah TA Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pertumbuhan penduduk Kabupaten Lombok Barat sangat pesat ditandai hadirnya kawasan pemukiman yang semakin luas. Peningkatan pemukiman seperti perumahan yang terus berkembang mengakibatkan berkurangnya daerah resapan air hujan, akibat luas daerah yang ditutupi oleh perkerasan semakin luas sehingga dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan tanah untuk meresapkan air sehingga terjadi limpasan permukaan. Dampaknya juga mempengaruhi distribusi air yang tidak seimbang antara musim penghujan dan musim kemarau Lubang biopori merupakan teknologi sederhana untuk konservasi lahan dan penyediaan air bersih. Lubang ini dikembangkan atas dasar prinsip ekohidrologis, yaitu memperbaiki kondisi ekosistem tanah untuk perbaikan fungsi hidrologis ekosistem tersebut. Teknologi ini bisa diaplikasikan di kawasan perumahan yang 100% kedap air atau sama sekali tidak ada tanah terbuka maupun di areal persawahan yang berlokasi di kawasan perbukitan. Hasil perencanaan biopori pada perumahan ini di dapatkan jumlah biopori sebanyak 204 buah dan nilai persentase debit reduksi biopori rata- rata sebesar 98,3% dengan jumlah limpasan yangtersisa setelah adanya biopori sebesar 0,000057 m3 /dt, sedangkan untuk biaya pembuatan biopori di Perumahan Jati Sela Regency Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat adalah Rp. 14.419.000,- (Empat Belas Juta Empat Ratus Sembilan Ribu Rupiah).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Resapan Air Hujan, Limpasan, Biopori, Debit Reduksi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:01
Last Modified: 25 Nov 2020 02:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18550

Actions (login required)

View Item View Item