ANALISIS PENDAPATAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA USAHA KULINER DI KAWASAN PARIWISATA KECAMATAN BATU LAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Nicki, Rizki Fitria (2020) ANALISIS PENDAPATAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA USAHA KULINER DI KAWASAN PARIWISATA KECAMATAN BATU LAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NICKI RIZKI FITRIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kabupaten Lombok Barat merupakan salah satu kabupaten di provins Nusa Tenggara Barat yang memiliki potensi pengembangan pariwisata. Kecamatan Batu Layar adalah salah satu kecamatan yang berada di kabupaten Lombok Barat yang telah mengembangkan destinasi wisata kuliner sejak lama, lokasi pantai yang tidak jauh dari pusat Kota Mataram menjadikan pantai Batu Layar sebagai alternatif destinasi wisata bagi masyarakat untuk berlibur. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk menganalisis pendapatan usaha kuliner di kawasan pariwisata Kecamatan Batu Layar. 2) Untuk menganalisis kelayakan usaha pada usaha kuliner di kawasan pariwisata Kecamatan Batu Layar. 3) Untuk menganalisis tingkat penyerapan tenaga kerja pada usaha kuliner di kawasan pariwisata Kecamatan Batu Layar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan penentuan daerah sampel menggunakan “teknik survey”. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pemilik usaha kuliner di Pantai Tanjung Bias dan Pantai Kerandangan Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat. Penentuan responden dengan metod purposive sampling yang merupakan pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder, dan analisis yang dilakukan yaitu analisis pendapatan, analisis kelayakan usaha dan analisis penyerapan tenaga kerja. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Rata-rata pendapatan per bulan yang diperoleh pemilik usaha kuliner di Pantai Tanjung Bias sebesar Rp 19.643.646,0 dan rata-rata pendapatan yang diperoleh pemilik usaha kuliner di Pantai Kerandangan sebesar Rp 3.741.654,6. 2) Usaha kuliner di Kecamatan Batu Laya dinyatakan layak untuk diusahakan dengan nilai R/C ratio yang diperoleh untuk usah kuliner Pantai Tanjung Bias sebesar 1,51 dan Pantai Kerandangan sebesar 1,46 atau (R/C>1). 3)Penyerapan tenaga kerja pada usaha kuliner di Pantai Tanjung Bias yaitu TKLK sebesar 434 HKO, TKDK sebesar 428 HKO dan penyerapan tenaga kerja pada usaha kuliner di Pantai Kerandangan yaitu TKDK sebesar 248,5 dan TKLK 0 HKO.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Usaha kuliner, pendapatan, tenaga kerja.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Nov 2020 06:14
Last Modified: 25 Nov 2020 06:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18570

Actions (login required)

View Item View Item