CAMPUR KODE PENCERAMAH PADA PENGAJIAN DI MASJID AISYAH LAWATA MATARAM : STUDI KASUS USTADZ MIZAN QUDSIYAH, Lc., M.A.

NURFATIHAH, NURFATIHAH (2020) CAMPUR KODE PENCERAMAH PADA PENGAJIAN DI MASJID AISYAH LAWATA MATARAM : STUDI KASUS USTADZ MIZAN QUDSIYAH, Lc., M.A. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NURFATIHAH SKRIPSI FIKS-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, jenis, dan fungsi campur kode penceramah pada pengajian di Masjid Aisyah Lawata Mataram: studi kasus Ustadz Mizan Qudsiyah, Lc., M.A. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode simak dengan menggunakan teknik catat dan rekam. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan intralingual dan metode padan ekstralingual. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Bentuk campur kode penceramah pada pengajian di Masjid Aisyah Lawata Mataram : studi kasus Ustadz Mizan Qudsiyah, Lc., M.A memiliki tiga bentuk yakni, kata, frasa, dan klausa. (2) Terdapat tiga jenis campur kode penceramah pada pengajian di Masjid Aisyah Lawata Mataram : studi kasus Ustadz Mizan Qudsiyah, Lc., M.A yakni, jenis ke dalam (inner code- mixing), jenis ke luar (outer code-mixing), dan jenis campur kode campuran (hybrid code-mixing) (3) Fungsi campur kode penceramah pada pengajian di Masjid Aisyah Lawata Mataram yakni, sebagai penekanan atau penjelasan dengan melakukan pengulangan, sebagai penjelasan dengan melakukan penyisipan, sebagai fungsi menyampaikan pesan dengan melakukan spesifikasi lawan tutur, dan fungsi campur kode dengan unsur mengkualifikasi isi pesan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: bentuk campur kode, jenis campur kode, fungsi campur kode.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:13
Last Modified: 25 Nov 2020 04:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18576

Actions (login required)

View Item View Item