1 ANALISIS SEBARAN KEKERINGAN HIDROLOGI PADA BEBERAPA DAS DI KABUPATEN LOMBOK UTARA 2 (Studi Kasus: DAS Segara, Sidutan, dan, Sokong, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat)

PUTU, BAGOES KUWERAJAYA (2020) 1 ANALISIS SEBARAN KEKERINGAN HIDROLOGI PADA BEBERAPA DAS DI KABUPATEN LOMBOK UTARA 2 (Studi Kasus: DAS Segara, Sidutan, dan, Sokong, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir Putu Bagoes Kuwerajaya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kekeringan adalah bencana alam yang dapat berdampak negatif untuk suatu wilayah. Kekeringan secara umum didefinisikan sebagai suatu kondisi dengan curah hujan yang sangat kecil atau tidak ada curah hujan sama sekali dalam periode tertentu hingga satu musim atau lebih yang menyebabkan kekurangan air untuk berbagai kebutuhan. Beberapa wilayah yang diteliti adalah DAS Segara, DAS Sidutan dan DAS Sokong yang berada di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.. Penelitian ini bertujuan mengetahui debit defisit, durasi kekeringan, nilai Indeks Kekeringan Hidrologi (IKH) dan mengetahui kriteria kekeringan berdasarkan defisit dan surplus yang terjadi dengan analogi kriteria dari Oldeman. Dalam penelitian ini, digunakan data AWLR dari masing masing DAS di daerah Zona Musim (ZOM) 223 untuk menentukan ambang batas Q50 dan Q80 dengan distribusi Weibull untuk mendapatkan karakteristik kekeringan hidrologi. Dalam Analisis kekeringan hidrologi di beberapa DAS di Kabupaten Lombok Utara pada Zona Musim (ZOM) 223 hasil menunjukan bahwa defisit maksimum pada DAS Segara, Sidutan, dan Sokong berturut turut 2.014 m3/s, 1.129 m3/s, 1.214 m3/s yang terjadi di tahun 2011, 2015, 2001, dari defisit tersebut didapatkan rata-rata periode kekeringan terjadi selama 5-6 bulan dari bulan juni sampai Oktober yang menunjukan bahwa kriteria kekeringan berada pada zona 3 menurut Oldeman. Indeks kekeringan hidrologi terbesar DAS Segara, DAS Sidutan dan DAS Sokong berturut turut -1.000, -1.000, -0.933 dengan kategori kekeringan sangat kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Ambang batas, durasi kekeringan, debit defisit, indeks kekeringan hidrologi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:13
Last Modified: 25 Nov 2020 04:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18578

Actions (login required)

View Item View Item