PENGARUH GETARAN PADA PROSES PENCAMPURAN TERHADAP KUAT TEKAN BETON DARI AGREGAT KASAR DAUR ULANG DENGAN METODE HEATING DAN GRINDING

PUSPITO, NUR SAPUTRO (2020) PENGARUH GETARAN PADA PROSES PENCAMPURAN TERHADAP KUAT TEKAN BETON DARI AGREGAT KASAR DAUR ULANG DENGAN METODE HEATING DAN GRINDING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir Puspito Nur Saputro (F1A016134).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Beton merupakan bahan bangunan yang banyak digunakan dalam industri konstruksi. Dengan meningkatnya kebutuhan beton, permintaan material penyusunnya akan meningkat. Untuk mengurangi ketergantungan dari bahan alam, penggunaan material daur ulang pada penelitian ini menggunakan metode heating dan grinding, untuk mendapatkan agregat kasar daur ulang berkualitas tinggi. Penambahan getaran pada proses pencampuran bertujuan untuk meningkatkan kuat tekan beton daur ulang. Pada penelitian ini, beton daur ulang terbuat dari limbah beton pada umur 28 hari yang mewakili limbah beton pada umumnya. Untuk memperoleh agregat kasar daur ulang, limbah beton dipanaskan (heating) sampai suhu 100o C selama 24 jam dilanjutkan proses grinding menggunakan mesin Los Angeles sebanyak 600 putaran dan penambahan getaran selama 30, 60, dan 90 detik pada agregat daur ulang saat pengecoran. Pada penelitian ini akan dibandingkan nilai kuat tekan beton daur ulang dengan beton normal, serta membandingkan mutu dari agregat kasar daur ulang yang meliputi gradasi agregat, berat isi, dan berat jenis dengan agregat alam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas agregat normal dan agregat kasar daur ulang menggunakan metode heating dan grinding tidak jauh berbeda. Pengujian kuat tekan beton normal dengan beton daur ulang tanpa getaran menunjukkan adanya penurunan sebesar 2.49%. Namun pada kuat tekan beton agregat daur ulang dengan getaran 30, 60 dan 90 detik terjadi peningkatan sebesar 22.05%, 21.06% dan 22.61% terhadap beton normal. Oleh karena itu, beton daur ulang menggunakan metode heating dan grinding dengan penambahan getaran berpotensi digunakan sebagai alternatif untuk pengganti agregat kasar normal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Agregat kasar daur ulang, heating dan grinding, getaran
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Nov 2020 01:38
Last Modified: 26 Nov 2020 01:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18592

Actions (login required)

View Item View Item