SIFAT MEKANIK BAMBU BERPENGISI LIMBAH PLASTIK DAN LIMBAH SERBUK KAYU

MUH. NURUL WATHANI, L. (2020) SIFAT MEKANIK BAMBU BERPENGISI LIMBAH PLASTIK DAN LIMBAH SERBUK KAYU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bambu memiliki kuat geser sejajar serat yang rendah sehingga ketika disambung menggunakan pasak atau baut mudah sekali terjadinya pecah.. untuk mengatasi hal tersebut, maka dilakukan penambahan bahan pengisi ke dalam lubang bambu. Plastik PET dan serbuk kayu digunakan sebagai bahan pengisi lubang bambu tersebut. Penggunaan plastik PET dan serbuk kayu sebagai pengisi merupakan bentuk pembaharuan terhadap material pengisi yang pernah digunakan sebelumnya seperti mortar dan kayu. Namun dalam penggunaanya, plastik PET dan serbuk kayu membutuhkan perekat epoxy sebagai matrik pengikat antara campuran bahan pengisi dengan dinding bambu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat mekanik (kuat tekan dan kuat geser) bambu berpengisi plastik PET dan serbuk kayu. Uji pendahuluan berupa sifat fisik dan sifat mekanik (kuat tekan dan kuat geser) bambu dilakukan terlebih dahulu. Selanjutnya, benda uji kuat tekan dan kuat geser yang masing-masing berjumlah 25 (dua puluh lima) benda uji. Selanjutnya benda uji dibagi kedalam 5 jenis benda uji yaitu BK-0, BK-1, BK-2, BK-3, BK-4. Campuran bahan pengisi pada BK-1 dan BK-2 hanya diisi dengan plastik, yang membedakan adalah penambahan perekat epoxy pada BK-2. Untuk BK-3 dan BK- 4 dengan bahan pengisi plastik dan serbuk kayu dengan perbandingan 40:60 dengan perbedaan penambahan perekat epoxy pada BK-4. Hasil pengujian menunjukkan adanya peningkatan kuat tekan bambu dari BK-0 sampai BK-4 berturut-turut adalah 22.7 MPa, 29.4 MPa, 32.7 MPa, 33.2 MPa, 35.7 MPa. Sedangkan hasil pengujian kuat geser bambu dari BK-0 sampai BK-4 didapatkan hasil secara berturut-turut : 4.55 MPa, 5.00 MPa, 5.05 MPa, 5.40 MPa, 5.50 MPa. Peningkatan ini dipengaruhi oleh penambahan serbuk kayu dan perekat epoxy pada campuran pengisi, dimana campuran pengisi menjadi lebih solid dan daya ikat antara campuran pengisi dengan dinding bambu menjadi lebih kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Bahan pengisi, plastik PET, serbuk kayu, sifat fisik, sifat mekanik, kuat tekan, kuat geser.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Nov 2020 01:38
Last Modified: 26 Nov 2020 01:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18593

Actions (login required)

View Item View Item