RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI KADAR ALKOHOL PADA MINUMAN BERALKOHOL MENGGUNAKAN SENSOR MQ-3 BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT)

IMAM, SYUHADA (2020) RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI KADAR ALKOHOL PADA MINUMAN BERALKOHOL MENGGUNAKAN SENSOR MQ-3 BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI KADAR ALKOHOL PADA (FIXX)-2 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Internet of things (IoT) merupakan sebuah ide atau gagasan yang memungkinkan benda di dunia nyata dapat saling berinteraksi melalui jaringan internet. Perancangan dan pembuatan purwarupa sistem alat pendeteksi kadar alkohol pada minuman beralkohol ini, menerapkan konsep dari IoT untuk memudahkan aktifitas pemantauan untuk menggukur kandungan kadar alkohol yang terdapat pada minuman beralkohol. Sensor yang digunakan anatara lain sensor MQ-3 yang terhubung ke mikrokontroler ESP8266. Data hasil bacaan sensor yang telah diolah selanjutnya dikirimkan secara serial ke mikrokontroler ESP8266 untuk kemudian diolah di Firebase. Media yang digunakan sebagail penampil data menggunakan aplikasi android yang sebelumnya dibuat menggunakan framework Flutter. Sistem yang dibuat mampu berkerja dengan baik, dimana nilai rata-rata persentase eror pada pengujian sensor MQ-3 sebesar 7,08%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Internet of things, pendeteksi alkohol, NodeMCU ESP8266, Android, sensor MQ-3
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Nov 2020 01:39
Last Modified: 26 Nov 2020 01:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18598

Actions (login required)

View Item View Item