Desain Modul Termoelektrik sebagai Pembangkit Tenaga Listrik dari Sisa Pembuangan Air Conditioner

Putu Yogi Artha, I (2020) Desain Modul Termoelektrik sebagai Pembangkit Tenaga Listrik dari Sisa Pembuangan Air Conditioner. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas_Akhir Yogi Artha fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang pesat dan peningkatan pembangunan yang sedikit melambat di saat pandemik Covid 19 ini. Namun kebutuhan akan energi listrik di segala sektor terus meningkat, sehingga ketersediaan akan pembangkit tenaga listrik untuk mensuplai energi listrik diharapkan tetap berlangsung, baik yang bersumber pembangkit listrik konvensional, khususnya pembangkit energi terbarukan maupun pembangkit listrik non-konvensional. Metode penelitiaan yang dilakukan adalah perancangan pembangkit termoelektrik dengan memanfaatkan kondisi panas dan dingin dari peralatan pengkondisian udara (Air Conditioning, AC). Prinsip yang digunakan termoelektrik pada penelitian ini adalah efek Seebeck dan efek Peltier dengan memanfaatkan pembangkit termoelektrik (TEG) untuk menghasilkan tegangan listrik dan menggunakan pendingin termoelektrik (TEC) untuk menghasilkan dingin. Hasil penelitian yang diperoleh dengan berbagai variasi yang dilakukan, Pada TEG, variasi sisi panas yang direkatkan heatsink dengan nilai kalor pembuangan exhaust adalah 37,9 ℃ dan sisi dingin dari pembuangan Air Conditioner dengan nilai kalor 24,5℃, pada kondisi tidak berbeban menghasilkan tegangan sebesar 145,9 mV. Sedangkan pada kondisi berbeban dengan tahanan 1Ω menghasilkan tegangan sumber yang sama dan arus sebesar 142,5 mA. Untuk tahanan beban 10Ω menghasilkan arus sebesar 13,8 mA. Pada TEC, hasil terbaik diperoleh tanpa melakukan variasi. Pada sisi panas dengan nilai kalor pada pembuangan exhaust adalah 35,9℃ dan sisi dingin dari pembuangan Air Conditioner dengan nilai kalor 24,1℃. Pada kondisi tidak berbeban menghasilkan tegangan sebesar 126,3 mV. Sedangkan pada saat diberikan beban 1Ω menghasilkan arus sebesar 118,7 mA. Untuk tahanan beban 10Ω menghasilkan arus sebesar 11,4 mA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pembangkit non-konvensional, termoelektrik, generator termoelektrik, pendingin termoelektrik, pengkondisi udara.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:09
Last Modified: 26 Nov 2020 07:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18612

Actions (login required)

View Item View Item