ANALISA POLA KONSUMSI PANGAN RUMAHTANGGA NELAYAN DI DUSUN MANDAR DESA LABUHAN HAJI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

RACHELDA, MALINDA YULIANA (2020) ANALISA POLA KONSUMSI PANGAN RUMAHTANGGA NELAYAN DI DUSUN MANDAR DESA LABUHAN HAJI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RACHELDA C1G016182.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia sehingga pemenuhannya menjadi salah satu hak asasi yang harus dipenuhi secara bersamasama oleh negara dan masyarakatnya. Hak atas pangan telah diakui secara formal oleh banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Pola konsumsi adalah susunan tingkat kebutuhan seseorang atau rumah tangga untuk jangka waktu tertentu yang akan dipenuhi dari penghasilannya. Dalam menyusun pola konsumsi, pada umumnya orang akan mendahulukan kebutuhan pokok yaitu pangan. Pola konsumsi pangan rumah tangga nelayan merupakan susunan bahan makanan yang mencakup jenis dan jumlah bahan makanan yang dikonsumsi oleh rumah tangga yang berprofesi sebagai nelayan dalam jangka waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pola konsumsi pangan rumah tangga nelayan. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi pangan rumah tangga nelayan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif, penentuan daerah penelitian yang digunakan teknik purposive, penentuan responden yang digunakan teknik purposive sampling, untuk teknik pengambilan sampelnya digunakan metode slovin dengan menetapkan 33 responden, analisis data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dengan mengidentifikasi pola konsumsi pangan rumahtangga dengan metode Recall konsumsi pangan kemudian dianalisis dengan menggunakan perhitungan kecukupan konsumsi energi berdasarkan acuan PPH, dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Pola konsumsi pangan rumahtangga nelayan di Dusun Mandar Desa Labuhan Haji terdiri dari kelompok pangan hewani adalah jenis ikan dan juga telur dengan frekuensi makan 4–6 kali seminggu, dari kelompok pangan kacang-kacangan adalah jenis tahu dan tempe dengan frekuensi makan 2-3 kali sehari, dan dari kelompok pangan nabati adalah jenis sayuran dengan frekuensi makan 2 kali sehari. Dari segi konsumsi energi aktual sebesar 1.784 kkal/kap/hari masih belum mencapai kecukupan energi ideal yang dianjurkan yaitu 2.150 kkal/kap/hari. Dan dari segi komsumsi protein sebesar 82 gram/kap/hari sudah melebihi standar ideal yaitu 52 gram/kap/hari. Namun dari segi pencapaian skor PPH masih belum memenuhi standar ideal yang beragam dan berimbang yaitu 86,53. (2) Secara serempak faktor-faktor konsumsi pangan (pendapatan rumah tangga, jumlah anggota keluarga, umur, dan pendidikan) berpengaruh nyata terhadap pola konsumsi pangan rumah tangga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pola Konsumsi Pangan, Rumahtangga Nelayan, Konsumsi Energi, Konsumsi Protein, Skor Pola Pangan Harapan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:09
Last Modified: 26 Nov 2020 07:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18619

Actions (login required)

View Item View Item