PENGARUH PENAMBAHAN MADU Trigona sp. DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP VIABILITAS BAKTERI Lactobacillus casei PADA YOGHURT KACANG HIJAU (Phaseolus radiates L.)

Dewi, Fitri Nur’afuddin (2020) PENGARUH PENAMBAHAN MADU Trigona sp. DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP VIABILITAS BAKTERI Lactobacillus casei PADA YOGHURT KACANG HIJAU (Phaseolus radiates L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Dewi Fitri J1A016019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan madu trigona sp. dan lama fermentasi terhadap viabilitas bakteri Lactobacillus casei pada yoghurt kacang hijau. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktor yakni konsentrasi madu Trigona sp. (0% dan 10% v/v) dan fermentasi (0, 8, dan 16 jam). Data dianalisis menggunakan analisis keragaman (Analysis of Variance) pada taraf nyata 5% menggunakan software Co-Stat. Nilai yang berbeda nyata diuji lanjut dengan Uji Lanjut Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf yang sama. Parameter yang diamati meliputi total BAL, viabilitas L. casei, total asam laktat, nilai pH, dan sensoris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara kedua faktor terhadap parameter pH, sifat sensoris warna, rasa, dan aroma yoghurt kacang hijau pada uji sensoris skoring. Perlakuan penambahan madu 10% dan lama fermentasi 8 jam menghasilkan yoghurt kacang hijau dengan total BAL yang telah memenuhi syarat SNI yakni dengan nilai total BAL 1,3 x 1011 CFU/ml, jumlah Lactobacillus casei diperkirakan mencapai 1,5 x 109 CFU/ml, viabilitas yang tinggi yakni 98,92%, memiliki pH yang sesuai dengan standar SNI yakni 4,70 serta warna, rasa, dan aroma yang dapat diterima oleh panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : kacang hijau, madu Trigona sp., yoghurt, dan Lactobacillus casei
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:09
Last Modified: 26 Nov 2020 07:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18621

Actions (login required)

View Item View Item