HUBUNGAN ANTARA UMUR TERNAK DAN UKURAN TESTIS DENGAN KUALITAS SPERMATOZOA EPIDIDYMIS SAPI BALI DALAM MEDIA ASPIRASI TRIS KUNING TELUR

SULISTIA, PRATIWI (2020) HUBUNGAN ANTARA UMUR TERNAK DAN UKURAN TESTIS DENGAN KUALITAS SPERMATOZOA EPIDIDYMIS SAPI BALI DALAM MEDIA ASPIRASI TRIS KUNING TELUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SULISTIA PRATIWI (B1D016 278).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan umur ternak dan ukuran testis dengan kualitas spermatozoa epididymis sapi Bali dalam media aspirasi tris kuning telur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan 20 buah testis dari 10 ekor sapi Bali pada tingkat umur yang berbeda yaitu umur > 1 tahun sebanyak 6 ekor, umur > 2 tahun sebanyak 7 ekor dan umur > 3 tahun sebanyak 7 ekor. Parameter penelitian adalah ukuran testis, ukuran cauda dan kualitas spermatozoa yaitu konsentrasi dan abnormalitas. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik ANOVA pada taraf kepercayaan 5% kemudian diuji lanjut dengan uji Duncan’s dan analisis korelasi regresi. Berdasarkan analisis data, umur pejantan memiliki hubungan yang erat (P<0,05) terhadap berat testis dengan tingkat keeratan hubungan sebesar 0,4 r 2 (40%), ukuran cauda epididymis dengan tingkat keeratan hubungan sebesar 0,7 r 2 (70%). Umur ternak memiliki hubungan yang sangat erat dengan konsentrasi dan abnormalitas spermatozoa cauda epididymis sapi Bali dan tingkat keeratan hubungan 0,5 r 2 (50%) ; 0,6 r 2 (60%). Berat testis dan ukuran cauda epididymis berpengaruh positif terhadap kualitas spermatozoa yaitu konsentrasi dan abnormalitas spermatozoa epididymis sapi Bali. Penampungan semen pada umur > 3 tahun memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan umur < 3 tahun. penampungan semen Spermatozoa asal cauda epididymis memenuhi syarat untuk dimanfaatkan dalam program inseminasi buatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : abnormalitas, cauda epididymis, konsentrasi. sapi Bali dan umur.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:09
Last Modified: 26 Nov 2020 07:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18624

Actions (login required)

View Item View Item