IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING PADA PROSES PEMBELAJARAN 4.0 DALAM RANGKA MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 5 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2019/2020

Hudian, Yusfil Hazmi (2020) IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING PADA PROSES PEMBELAJARAN 4.0 DALAM RANGKA MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 5 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat mendorong berbagai lembaga pendidikan memanfaatkan sistem e‐learning untuk meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas pembelajaran. Melalui e‐learning, materi pembelajaran dapat diakses kapan saja dan dari mana saja. Permasalahan yang sering muncul saat ini di kelas adalah pembelajaran tatap muka (face to face) yang membuat sebagian peserta didik merasa bosan untuk mengikutinya. Hasil observasi awal di lapangan menunjukkan bahwa e-learning tidak sepenuhnya mengganti peran guru dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, diperlukan perpaduan antara e-learning dengan pembelajaran tatap muka (face to face). Berdasarkan pernyataan tersebut, kemudian berkembanglah Blended learning. Blended learning adalah sebuah model pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran tatap muka (face to face) dengan e-learning. Blended learning merupakan konsep baru dalam pembelajaran dimana penyampaian materi dapat dilakukan di kelas dan online. Hasil dari Peneitian ini menunjukkan bahwa Blended Learning bagi peserta didik dapat meningkatkan Literasi Digital seperti mengetahui cara mengirim file, foto serta video pembelajaran dari WhatsApp sehingga tidak ada batasan waktu dalam proses pembelajaran. Sedangkan manfaat bagi guru yaitu lebih memahami jejaring sosial dalam pemberian materi dan tugas kepada peserta didik serta guru juga lebih mengetahui website-website edukasi yang di gunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci: FaktorPembelajaran 4.0 (e-learning), face to face, Blended Learning, dan Literasi Digital.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:09
Last Modified: 26 Nov 2020 07:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18626

Actions (login required)

View Item View Item