STUDI KOMPARATIF BIAYA DAN PENDAPATAN PETANI PADA USAHATANI PADI YANG MENGGUNAKAN PENGOLAHAN TANAH TRAKTOR DENGAN TERNAK SAPI DI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

Yolanda, Kurnia Rahayu (2020) STUDI KOMPARATIF BIAYA DAN PENDAPATAN PETANI PADA USAHATANI PADI YANG MENGGUNAKAN PENGOLAHAN TANAH TRAKTOR DENGAN TERNAK SAPI DI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YOLANDA KURNIA RAHAYU (C1G016246).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh di Kecamatan Narmada masih banyak petani yang tidak memperhitungkat pendapatan dari usahatani yang mereka usahakan. Karena yang terpenting bagi petani adalah tentang bagaimana keefektifan dan keefisiensian dalam usahataninya, hingga mereka tidak pernah memperhitungkan rugi laba dari kegiatan usahatani mereka. Padahal jika mereka mampu memperhitungkan rugi laba yang mereka dapatkan dari usahatani yang usahakan, tentunya mereka akan mampu mengevaluasi dan menindaklanjuti bagaimana kedepannya tentang usahatani yang mereka usahakan. Sehingga tingkat kesejahteraan petani di Kecamatan Narmada dapat di tingatkan. bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan pendapatan petani pada usahatani padi yang menggunakan traktor dengan menggunakan ternak sapi di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat; (2) Mengetahui perbedaan biaya yang dikeluarkan petani pada usahatani padi pengolahan tanah yang menggunakan traktor dengan menggunakan ternah sapi di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat; (3) Mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendorong dan penghambat petani menggunakan traktor dan ternak sapi di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penentuan daerah sampel dilakukan dengan metode puposive sampling. Dimana penentuan jumlah responden dilakukan dengan cara Quota Sampling yaitu yaitu pengambilan jumlah responden sebanyak jumlah yang telah ditentukan oleh peneliti. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Biaya yang dikeluarkan petani pada usahatani padi yang menggunakan traktor sebesar Rp. 8.064.536 perhektar lebih kecil dibandingkan dengan yang menggunakan ternak sapi sebesar Rp. 9.310.675 perhektar; (2) pendapatan petani pada usahatani padi yang menggunakan traktor sebesar Rp 17.014.767 perhektar lebih besar dibandingkan dengan yang menggunakan ternak sapi sebesar Rp. 14.783.258 perhektar; (3) Faktor pendorong dalam usahatani ini diantaranya hasil produksi padi yang cukup menjanjikan, pemenuhan kebituhan konsumsi masyarakat petani tercukupi, biaya dan pendapatan dari kegiatan usahatani padi cukup efisien, ketersediaan sarana produksi yang mudah, dan kesuburan tanah yang mendukung masyarakat petani untuk berusahatani padi. Sedangkan faktor penghambat usahatani ini diantaranya hama penyakit tanaman, kurangnya pengetahuan petani dalam berusahatani padi, kurangnya penyuluhan sehingga masyarakat petani hanya memprioritaskan padi dalam usahataninya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Biaya, Pendapatan, Usahatani Padi
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:10
Last Modified: 26 Nov 2020 07:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18632

Actions (login required)

View Item View Item