DETEKSI API PADA VIDEO DENGAN GAUSSIAN MIXTURE MODEL UNTUK DETEKSI GERAKAN DAN SEGMENTASI WARNA API DALAM RUANG WARNA YCBCR

RISTIRIANTO, ADI (2020) DETEKSI API PADA VIDEO DENGAN GAUSSIAN MIXTURE MODEL UNTUK DETEKSI GERAKAN DAN SEGMENTASI WARNA API DALAM RUANG WARNA YCBCR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Ristirianto Adi (F1D016078).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Api merupakan awal mula dari kebakaran, yang merupakan bencana yang dapat membahayakan jiwa dan menyebabkan kerugian harta-benda. Penelitian ini mencoba membangun model untuk mendeteksi api pada video dengan pendekatan pengolahan citra digital menggunakan Gaussian Mixture Model untuk deteksi gerakan dan segmentasi warna api pada ruang warna YCbCr. Model kemudian diuji dengan metrik akurasi, presisi, dan recall. Selain itu, diuji pula kecepatan komputasi yang mampu dicapai oleh model. Dataset yang digunakan berupa video dengan ukuran api kecil, sedang, besar, dan video yang hanya memiliki objek-objek serupa api. Hasil pengujian menunjukkan bahwa algoritma mampu mendeteksi api apabila ukuran api tidak terlalu kecil atau posisi api cukup dekat dengan kamera. Recall tertinggi dicapai oleh ruang warna RGB dengan nilai rata-rata 76.38%. Performa pada siang hari relatif lebih baik dari malam hari. Kecepatan pemrosesan algoritma terlalu lambat untuk diterapkan secara real-time.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keywords: Deteksi Api, GMM, YCbCr, Background Subtraction
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Nov 2020 13:17
Last Modified: 27 Nov 2020 13:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18634

Actions (login required)

View Item View Item