ANALISIS USAHATANI PENANGKARAN BENIH HORTIKULTURA DAN BENTUK KEMITRAAN ANTARA PT. BISI DENGAN KELOMPOK TANI DI DESA KARANG SIDEMEN KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Desak, Putu Indah Chandra Utami (2020) ANALISIS USAHATANI PENANGKARAN BENIH HORTIKULTURA DAN BENTUK KEMITRAAN ANTARA PT. BISI DENGAN KELOMPOK TANI DI DESA KARANG SIDEMEN KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI Desak Putu Indah Chandra Utami.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang terus meningkat pertumbuhannya namun terdapat beberapa tantangan yakni salah satunya kepemilikan lahan yang terbatas yang disebabkan karena alih fungsi lahan sehingga lahan pertanian menjadi sangat terbatas. Hal ini mendorong petani untuk mengoptimalkan penggunaan lahan produktif untuk komoditas yang cukup bersaing harganya yakni hortikultura. Adapun bidang yang diambil yaitu penangkaran benih dimana agar usahatani tersebut tetap berjalan maka diperlukan target pasar yang mana salah satu bentuk terjaminnya pasar yaitu dengan bermitra yang dalam hal ini antara PT. BISI dengan kelompok tani di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis kelayakan usahatani yang dilakukan oleh Kelompok Tani di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. (2) Mengidentifikasi pola kemitraan yang terjalin antara PT. BISI dengan Kelompok Tani di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survei. Penentuan daerah sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan penentuan jumlah responden menggunakan metode quota sampling serta penentuan responden dengan metode proportional sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) usahatani penangkaran benih hortikultura antara PT. BISI dengan Kelompok Tani di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah secara finansial dinyatakan layak. Dilihat dari nilai R/C Ratio komoditas cabai keriting = 5,4 > 1 , komoditas terong = 4,0 > 1 dan komoditas mentimun = 2,8 > 1. Selain itu, dilihat dari B/C Ratio komoditas cabai keriting = 4,4 > 1 , komoditas terong = 3,0 > 1 dan komoditas mentimun = 1,8 > 1. (2) Pola kemitraan yang terjalin antara PT. BISI dengan Kelompok Tani di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah adalah pola sub kontrak yang berarti hubungan kemitraan dimana petani penangkar benih memproduksi komponen yang diperlukan PT. BISI sebagai bagian produksinya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penangkaran benih, hortikultura, pendapatan, kelayakan usaha
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Nov 2020 13:21
Last Modified: 27 Nov 2020 13:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18636

Actions (login required)

View Item View Item