ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PROTOKOL DSDV dan PROTOKOL DSR pada MOBILE AD HOC NETWORK

Lusi, Hendrayani (2020) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PROTOKOL DSDV dan PROTOKOL DSR pada MOBILE AD HOC NETWORK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
laporan TA Lusi Hendrayani .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mobile Ad Hoc Network (MANET) terdiri dari mobile platform seperti router dan perangkat jaringan nirkabel yang pada keadaan tertentu biasa disebut dengan "node” yang bebas bergerak dan berpindah-pindah kemana saja. Pada jaringan MANET ini terdapat beberapa Routing Protocol yang digunakan yaitu DSDV, DSR dan lain sebagainya. Tujuan dari tugas akhir ini untuk mengetahui lebih jauh tentang jaringan ad hoc dengan variasi algoritma routing protocol yang berbeda - beda fungsi dan jenisnya. Setiap protokol routing memiliki kinerja yang berbeda-beda seperti nilai throughput, packetloss, delay, routing overhead dan packet delivery ratio. Dalam penelitian ini dilakukan pencarian kinerja pada protokol DSDV dan DSR dengan melihat nilai throughput, packetloss, delay, routing overhead dan packet delivery ratio (PDR) pada tiap-tiap protokol routing. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa protokol DSR lebih unggul dari beberapa skenario simulasi baik itu nilai throughput ukuran delay, nilai packetloss dan nilai PDR. Dengan nilai throughput rata-rata sebesar 676.989 kbps, packetloss rata-rata 30.201%, delay rata-rata 0.0125175s, PDR rata-rata 93.645%. Sedangkan pada protokol DSDV lebih unggul dari skenario routing overhead. Dengan nilai routing overhead rata-rata sebesar 0.012937.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: MANET, DSDV, DSR, throughput, packetloss, delay, routing overhead, PDR, protokol routing.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Nov 2020 13:21
Last Modified: 27 Nov 2020 13:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18638

Actions (login required)

View Item View Item