KAJIAN STRUKTURAL CERPEN “KAK ROS” (PADA 20 TAHUN CERPEN PILIHAN KOMPAS) KARYA GUS TF SAKAI DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

KHAERUNI, KHAERUNI (2018) KAJIAN STRUKTURAL CERPEN “KAK ROS” (PADA 20 TAHUN CERPEN PILIHAN KOMPAS) KARYA GUS TF SAKAI DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, upt. perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI KHAERUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kajian struktural cerpen kak ros (pada 20 tahun cerpen pilihan kompas) karya Gus Tf Sakai dan kaintannya dengan pembelajaran sastra di SMA.” Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sifat kemanusiaan yang kerap terjadi di sekeliling kita, yaitu rasa suka terhadap lawan jenis dan bahkan kerap kali mengagumi. Di samping itu, dalam cerpen ini juga banyak nialai-nilai kehidupan yang bisa diteladani. Penelitian ini mengangkat masalah (1) Bagaimanakah struktur cerpen “Kak Ros” Karya Gus Tf Sakai, dengan pendekatan strukturalisme? (2) Bagaimanakah keterkaitan antara hasil analisis dengan pembelajaran sastra di SMA?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) Mendeskripsikan struktur cerpen “Kak Ros” Karya Gus Tf Sakai, dengan pendekatan strukturalisme. (2) Mendeskripsikan keterkaitan antara hasil penelitian yang dilakukan dengan pembelajaran sastra di SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif yang dituangkan dalam cerpen dan kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Hasil analisis menunjukan struktur cerpen “Kak Ros” Karya Gus Tf Sakai yaitu berupa latar atau setting yang umumnya berada di taman dekat kostnya Ben. Sementara itu, tokoh-tokohnya memiliki sifat atau karakter yang berbeda-beda yaitu ada yang suka memelihara tanaman, periang, dan ada yang suka bercanda. Oleh karena itu, tema dalam cerpen ini adalah “Daun yang memiliki manfaat banyak bagi manusia,” dengan amanat yaitu kita tidak bisa menilai seseorang hanya dari luarnya saja. Dengan kata lain bahwa orang yang berwajah cantik, bertubuh bagus, belum tentu memiliki sifat yang baik seperti yang tergambar dalam dirinya, begitu juga sebaliknya. Alur atau plotnya menggunakan alur maju, kemudian sudut pandang yang digunakan yaitu sudut pandang persona pertama “Aku” sebagai tokoh utama cerpen. Gaya bahasa atau majas yang digunakan yaitu majas asosiasi yang didukung juga dengan bahasa sehari-hari yang mudah dimengerti oleh pembaca. Struktur-struktur tersebut memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya, menjadi satu kesatuan yang utuh. Selain itu, kaitan hasil analisis dengan pembelajaran sastra di SMA sangat fungsional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Naskah cerpen, struktur cerpen, kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Apr 2018 00:46
Last Modified: 04 Apr 2018 00:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1870

Actions (login required)

View Item View Item