UJI MOTILITAS DAN VIABILITAS SPERMATOZOA KAMBING BOER, PERANAKAN ETAWAH, DAN KAMBING KACANG YANG DI SIMPAN PADA SUHU DINGIN

AITA, KURNIAWATI (2020) UJI MOTILITAS DAN VIABILITAS SPERMATOZOA KAMBING BOER, PERANAKAN ETAWAH, DAN KAMBING KACANG YANG DI SIMPAN PADA SUHU DINGIN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AITA KURNIAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui daya tahan motilitas dan viabilitas spermatazoa kambing Boer, Peranakkan Ettawa, dan Kacang yang disimpan pada suhu 5 C terhadap dalam pengencer tris kuning telur. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium reproduksi Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah semen segar Kambing Boer, peranakkan Ettawa, dan Kacang. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok dengan 3 perlakuan yaitu Kambing Boer (KB), kambing peranakkan Ettawa (KP), dan Kambing Kacang (KK) dengan 5 kali ulangan. Variabel yang diamati meliputi uji makroskopik (volume, konsentrasi, warna, konsistensi, dan pH semen) dan uji mikroskopik (motilitas massa, motilitas individu, dan viabilitas spermatozoa). Data karakteristik semen ditampilkan dalam bentuk mean dan standar deviasi, sedangkan data volume, motilitas individu dan viabilitas spermatozoa dianalisa menggunkan Duncan’ s new multiple range test (DMRT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penurunan angka motilitas individu spermatozoa dari hari ke 0-5 yaitu 44,6% (86,0% menjadi 41,4%) pada kambing Boer, kemudian 64,6% (82,6% menjadi 18,0%) pada kambing PE dan 63,4% (85% menjadi 21,6%) pada kambing Kacang. Kemudian penurunan angka persentase viabilitas spermatozoa dari hari ke 0-5 yaitu 40% (87,4% menjadi 47,4%) pada kambing Boer, kemudian 56,6% (83,8% menjadi 27,2%) pada kambing PE dan 60,4% (86,4% menjadi 26,0%) pada kambing Kacang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Motilitas, Viabilitas, kambing Boer, kambing Peranakkan Ettawa (PE), dan kambing Kacang.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:31
Last Modified: 30 Nov 2020 04:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18721

Actions (login required)

View Item View Item