PENGARUH PENERAPAN MODEL INQUIRY TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 10 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

WIWIN, SEPTIANI (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL INQUIRY TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 10 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
new SKRIPSI_WIWIN_FIX_!!![1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh model inquiry terhadap kemandirian belajar matematika siswa kelas V di SDN 10 Mataram tahun ajaran 2020/2021.Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampel. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di SDN 10 Mataram tahun ajaran 2020/2021. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas V.a sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V.b sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemandirian belajar dan lembar observasi keterlaksanaan model inquiry dalam pembelajaran. Data kemandirian belajar matematika siswa dianalisis menggunakan uji-t sampel independent dengan bantuan program analisis statistic SPSS 18 for windows dengan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,026< 0,05 , maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun Ha dalam penelitian ini adalah “ada pengaruh model inquiry terhadap kemandirian belajar matematika siswa kelas V di SDN 10 Mataram tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Inquiry, Kemandirian Belajar Matematika
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:31
Last Modified: 30 Nov 2020 04:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18722

Actions (login required)

View Item View Item