PROFIL NORMA SOSIOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN KOLABORATIF MATERI BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII-C SMPN 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

SATRIA RAMANDA, M. (2020) PROFIL NORMA SOSIOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN KOLABORATIF MATERI BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII-C SMPN 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pelaksanaan pembelajaran matematika dan norma sosiomatematika dalam pembelajaran kolaboratif materi bentuk aljabar di kelas VII-C SMP Negeri 13 Mataram tahun ajaran 2019/2020. Indikator norma sosiomatematika dalam penelitian ini dijabarkan berdasarkan kemampuan komunikasi matematis dan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran kolaboratif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunkan instrumen RPP, LLPD, lembar observasi norma sosiomatematik dalam aktivitas kolaborasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, ke 30 subyek penelitian memiliki kategori keyakinan positif terhadap aktivitas kolaborasi. P1 subyek memiliki keyakinan positif terhadap aktivitas kolaborasi dan memiliki kemampuan menyelesaikan masalah secara mandiri, tidak ada. P2 subyek yang memiliki keyakinan positif terhadap aktivitas kolaborasi dan memiliki kemampuan menyelesaikan masalah secara mandiri namun terkadang membutuhkan bantuan teman atau guru, sebanyak 28 orang. P3 subyek yang memiliki keyakinan positif terhadap aktivitas kolaborasi dan tidak memiliki kemampuan menyelesaikan masalah secara mandiri atau selalu membutuhkan bantuan teman atau guru, sebanyak 2 orang. Subyek penelitian memiliki rata-rata persentase norma sosiomatematik diatas 56%, hal ini berarti subyek tersebut memiliki kemampuan komunikasi matematik dan keterampilan sosial dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Norma sosiomatematika, keyakinan siswa, komunikasi matematik, keterampilan sosial, pembelajaran kolaboratif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:32
Last Modified: 30 Nov 2020 04:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18738

Actions (login required)

View Item View Item