PENGARUH SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO TERHADAP BIAYA DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN PRAYA BARAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

FAOZAN EFENDI, MUH. (2020) PENGARUH SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO TERHADAP BIAYA DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN PRAYA BARAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
file skripsi Muh. Faoan Efendi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh sistem tanam jajar legowo terhadap produksi, biaya produksi, pendapatan dan efisiensi usahatani padi sawah di Kecamatan Praya Barat; (2) Untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi petani dalam usahatani padi sawah sistem tanam jajar legowo di Kecamatan Praya Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara langsung dengan responden yang berpedoman pada daftar pertanyaan yang telah disiapkan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Penujak dan Desa Setanggor di Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah dimana lokasi penelitian ditentukan dengan cara “purposive sampling” dan penentuan jumlah reponden ditentukan dengan teknik “slovin”. jenis data yang ada dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif yang besumber dari data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu menghitung biaya, pendapatan,efisiensi dan pengaruh usahatani padi sawah yang menerapkan sisitem tanam jajar legowo. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Rata-rata produksi pada usahatani padi sawah sistem tanam jajar legowo sebesar 109,04 Kw/Ha lebih besar dibandingkan dengan sistem tanam non jajar legowo sebesar 80,24 Kw/Ha. (2) Rata-rata biaya produksi pada usahatani padi sawah jajar legowo sebesar Rp. 25.010.931 per hektar. Sedangkan total biaya pada sahatani padi sawah sistem tanam non jajar legowo Rp. 21.933.313 per hektar. (3) Rata-rata pendapatan usahatani padi sawah sistem tanam jajar legowo sebesar Rp. 29.508.116 lebih besar jika dibandingkan dengan pendapatan usahatani padi sawah sistem tanam non jajar legowo yaitu sebesar Rp. 18.187.520 per ha. (4) Efisiensi (R/C) usahatani sistem tanam jajar legowo sebesar 2,18 lebih menguntungkan dibandingkan dengan usahatani sistem tanam non jajar legowo yaitu dengan nilai Efisiensi (R/C) sebesar 1,83. (5) Kendala yang dihadapi petani responden sistem tanam jajar legowo adalah masih kurangnya keterampilan tenaga kerja khususnya diproses penanaman dan kendala lainya yang di hadapi petani sistem tanam jajar legowo dan sistem tanam non jajar legowo menghadapi kendala yang sama yaitu serangan hama.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pengaruh Sistem Tanam Jajar Legowo dan Non Jajar Legowo
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:32
Last Modified: 30 Nov 2020 04:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18741

Actions (login required)

View Item View Item