PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA SEMPOA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN GUGUS 3 BAJUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

IKHLAS ADI PUTRA, M. (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA SEMPOA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN GUGUS 3 BAJUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI M. IKHLAS ADI SAPUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Sempoa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Sdn Gugus 3 Bajur Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan jenis Quasi Eksperimental Design Type Non Equivalen Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Gugus III Bajur. Penentuan sampel yang digunakan adalah Non probability sampling type Purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 4 Bajur dan Siswa SDN 2 Terong Tawah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Uji Instrumen yang dilakukan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah uji Independen Sampel t- test berbantuan aplikasi SPSS 16.0 for windows dengan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Setelah dilakukan analisis diperoleh hasil thitung 2,185 > ttabel yai tu 1,688 pada taraf signifikansi 5% yang berarti terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Sempoa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Sdn Gugus 3 Bajur Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Dec 2020 07:29
Last Modified: 04 Dec 2020 07:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19798

Actions (login required)

View Item View Item