OPTIMASI SINTESIS ALKILDIETANOLAMIDA MENGGUNAKAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY PADA REAKSI ENZIMATIS MINYAK INTI BUAH KETAPANG DAN DIETANOLAMINA

SONIA, LARASATI DATUN (2020) OPTIMASI SINTESIS ALKILDIETANOLAMIDA MENGGUNAKAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY PADA REAKSI ENZIMATIS MINYAK INTI BUAH KETAPANG DAN DIETANOLAMINA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SONIA LARASATI DATUN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Alkildietanolamida adalah surfaktan yang banyak digunakan dalam industri kimia, kosmetik maupun otomotif. Alkildietanolamida ini dibuat dengan bahan baku minyak nabati yang juga merupakan bahan pangan sehingga terjadi kompetitif antara penggunaannya sebagai bahan pangan dan bahan untuk membuat alkildietanolamida. Selain itu, produksi yang tidak optimal dalam pembuatannya berbanding terbalik dengan kebutuhan akan alkildietanolamida yang meningkat setiap tahunnya. Oleh sebab itu dibutuhkan bahan lain yang bukan merupakan bahan pangan untuk mengganti bahan baku pembuatan alkildietanolamida. Salah satu bahan baku yang dapat digunakan yaitu minyak inti buah ketapang. Minyak inti buah ketapang memiliki komposisi asam lemak yang dapat digunakan untuk memproduksi alkildietanolmida. Selain itu minyak ini juga bukan termasuk komoditas pangan. Sebelumnya telah dilakukan proses optimasi untuk mendapatkan kondisi terbaik dalam pembuatan alkildietanolamida. Faktor-faktor yang berpengaruh diantaranya waktu, suhu, rasio dietanolamina : minyak, dan rasio enzim : minyak. Akan tetapi optimasi tersebut tidak dapat melihat interaksi antar variabel yang berpengaruh terhadap peningkatan persen hasil pembentukan alkildietanolamida (metode one variable at time), sehingga diperlukan metode lain dan terbarukan untuk menutupi kekurangan metode sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi optimum, yield dan interaksi antar variabel pada sintesis alkildietanolamida dari minyak inti buah ketapang secara enzimatis menggunakan enzim lipase (lipozyme TL IM) setelah dioptimasi dengan Response Surface Methodology (RSM). Metode yang digunakan yaitu RSM pada software design expert v.7. Metode ini dapat memberikan model hubungan antar variabel serta kondisi optimum untuk menghasilkan respon terbaik. Hasil yang diperoleh yaitu kondisi optimum pembuatan produk yaitu waktu reaksi 1,13 jam, suhu reaksi 32,05°C, rasio dietanolamina : minyak (1 g : 9,57 mmol) dan rasio enzim : minyak (1 : 0,12) g dengan persen hasil prediksi sebesar 62,4542 % dan persen hasil aktual sebesar 62,0000 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Surfaktan, Alkildietanolamida, RSM, Design Expert v.7, Lipozyme
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Dec 2020 02:58
Last Modified: 07 Dec 2020 02:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19804

Actions (login required)

View Item View Item