ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PRAKTIK KOMUNIKASI BENCANA MELALUI PROGRAM DROPPING AIR BERSIH BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Ahmad, Baidawi (2020) ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PRAKTIK KOMUNIKASI BENCANA MELALUI PROGRAM DROPPING AIR BERSIH BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi. Ahmad Baidawi - L1B016003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bencana alam merupakan keadaan yang kedatanganya tidak dapat di prediksi. Bencana alam dapat dibedakan menjadi dua yaitu bencana alam alami dan non alami, berkaitan dengan bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana merupakan sebuah organisasi yang bertugas untuk menanggulangi bencanai sebelum bencana, saat terjadi bencana dan sesudah bencana itu terjadi. Dalam praktik yang di lakukan Badan Penanggulangan Bencana harus melakukan kegiatan Komunikasi, Informasi, Koordinasi dan Kerjasama dengan semua elemen karena menanggulangi bencana bukan hanya menanggulangi satu aspek melainkan menanggulangi semua aspek sebab kegiatan ini bersifat komleksitas. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis dan melihat sejauhmana persepsi masyarakat terhadap praktik komunikasi bencana melalui program dropping air bersih yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Lombok Tengah dan untuk mengetahui peran BPBD Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan skor kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 sampel yang berasal dari Kecamatan Praya Barat Daya. Kuesioner tersebut berisi pernyataan-pernyataan yang mengandung aspek-aspek pesepsi seperti aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek konatif. Aspek-aspek tersebut memberikan gambaran mengenai tingkat persepsi masyarakat terhadap praktik komunikasi bencana. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis persepsi masyarakat adalah menggunakan teknik probability sampling, penskoran, pengkelasan, uji validitas,uji reliabilitas, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pesepsi masyarakat Lombok Tengah terhadap praktik komunikasi bencana melalui program dropping air bersih dikategorikan baik, namun tidak terdapat korelasi antara variabel usia dengan persepsi masyarakat dan variabel pekerjaan dengan persepsi masyarakat, namun variabel jenis kelamin memiliki korelasi dengan persepsi masyarakat dengan tingkat korelasi lemah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: persepsi masyrakat, praktik komunikasi bencana, program dropping air bersih
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Dec 2020 01:03
Last Modified: 08 Dec 2020 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19814

Actions (login required)

View Item View Item