PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SDN 3 BELEKA TAHUN AJARAN 2020/2021

BAIQ, VENI LESTARI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SDN 3 BELEKA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ VENI LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas III SDN 3 Beleka tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode survey. Sampel penelitian berjumlah 51 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup untuk mengukur variabel model pemebelajaran kooperatif tipe make a match dan dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar matematika. Uji coba angket model pembelajaran kooperatif tipe make a match diperoleh 14 pernyataan yang valid. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap prestasi belajar matematika kelas III SDN 3 Beleka. Analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana, dengan diperoleh hasil nilai thitung > ttabel yaitu 3,201 > 2,008 pada taraf signifikansi 5%, dan R2 sebesar 0,173, maka didapatkan hasil model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap prestasi belajar matematika kelas III SDN 3 Beleka sebesar 17,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Make a match, Prestasi Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Dec 2020 01:03
Last Modified: 08 Dec 2020 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19824

Actions (login required)

View Item View Item