PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP MOTIVASI BELAJARSISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI REPOK BIJANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SIRNAWATI, SIRNAWATI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP MOTIVASI BELAJARSISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI REPOK BIJANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SIRNAWATI (E1E2161174).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V SDN Repok Bijang Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan kategori Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Grup Design.Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Repeated Measure of Anova.Setelah hasil diketahui selanjutanya dilakukan uji post hoc dan effect size. Data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS)termasuk dalam kategori “sangat baik” karena memiliki skor 100%. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata motivasi belajar siswa setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS)lebih tinggi dibandingkan sebelum diberi perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil motivasi belajar sebelum diberi perlakuan, yakni 63,28 pada pre-test 1, 68,64 pada pre-test 2, 68,36 pada pre-test 3. Setelah diberi perlakuan rata-rata motivasi belajar siswa meningkat, yakni 73,52 pada post-test 1, 80,36 pada post-test 2 dan 88,84 pada post-test 3 berdasarkan analisis data dengan perhitungan program SPSS. Berdasarkan hasil Uji hipotesis menggunakan Repeated Measure of Anovadiperoleh angka 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 pada taraf signifikan 5%, dan analisis data yang terakhir menggunakan analisis effect size dengan eat squared dengan nilai sebesar 0,817%. Dengan begitu dapat ditarik kesimpulan bahwa setidaknya ada dua mean kelompok data yang berbeda secara signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Two Stay Two Stray (TSTS)terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V SDN Repok Bijang Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci : Model Two Stay Two Stray (TSTS), Motivasi Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Dec 2020 01:03
Last Modified: 08 Dec 2020 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19825

Actions (login required)

View Item View Item