ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SD IT SAMAWA CENDEKIA

VIYA, NURULI RIFANTI (2020) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SD IT SAMAWA CENDEKIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI VIYA NURULI RIFANTI (E1E016148).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak: Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib di Sekolah Dasar. Siswa dituntut untuk memiliki empat kompetensi dasar matematika salah satunya adalah perkalian. Penelitan ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep pada siswa dalam memahami operasi hitung perkalian dan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan operasi hitung perkalian serta faktor-faktor yang mepengaruhi kesulitan itu terjadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SD IT Samawa Cendekia pada bulan Oktober 2020 dengan subjek penelitian yaitu 30 siswa kelas III Ad-Dhailami. Instrument dalam penelitian ini adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data model Interaktif Analysis Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 20 siswa masuk kategori tidak paham konsep perkalian dan 10 siswa masuk dalam kategori paham konsep perkalian. Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan operasi hitung perkalian diantaranya : Tidak bisa membedakan bilangan pengali dan bilangan yang dikalikan ; Kesulitan memahami kalimat pada soal cerita ; Kesulitan menentukan cara dalam menyelesaikan masalah matematika yang berhubungan dengan masalah sehari- hari ; Sering lupa dengan perkalian dasar yang telah dihafal ; tidak bisa mengubah bentuk perkalian kedalam bentuk penjumlahan berulang ; Tidak dapat menentukan kalimat yang diketahui dan kalimat yang ditanyakan dalam soal cerita ; Tidak bisa menyelesaikan masalah operasi hitung perkalian secara mandiri karena masih membutuhkan bantuan orang lain. Faktor yang mempengaruhi kesulitan yang dialami siswa yaitu Tidak paham konsep perkalian ; Menggunakan metode hafalan dalam mempelajari operasi hitung perkalian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Pemahaman Konsep, Perkalian, Operasi Hitung.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Dec 2020 01:04
Last Modified: 08 Dec 2020 01:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19830

Actions (login required)

View Item View Item