WAHYU, SYARIFUDIN (2020) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Wahyu Syarifudin (E1R014056).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester II materi lingkaran di SMP Negeri 1 Kediri tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kediri tahun 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 121 siswa dan dipilih dua kelas sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Sampel yang didapat yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes sebagai pengukur prestasi belajar dan analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui apakah teknik pembelajaran tutor sebaya berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada taraf signifikansi 5%, dan didapatkan hasil yitu dan sehingga disimpulkan . Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan teknik pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran materi lingkaran terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Kediri tahun pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci: tutor sebaya, teknik pembelajaran, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 08 Dec 2020 06:08 |
Last Modified: | 08 Dec 2020 06:08 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19861 |
Actions (login required)
View Item |