PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

WAHYU, SYARIFUDIN (2020) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Wahyu Syarifudin (E1R014056).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester II materi lingkaran di SMP Negeri 1 Kediri tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kediri tahun 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 121 siswa dan dipilih dua kelas sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Sampel yang didapat yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes sebagai pengukur prestasi belajar dan analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui apakah teknik pembelajaran tutor sebaya berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada taraf signifikansi 5%, dan didapatkan hasil yitu dan sehingga disimpulkan . Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan teknik pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran materi lingkaran terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Kediri tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: tutor sebaya, teknik pembelajaran, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Dec 2020 06:08
Last Modified: 08 Dec 2020 06:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19861

Actions (login required)

View Item View Item