ISOLASI DAN BIOAKTIVITAS ANTIBAKTERI METABOLIT SEKUNDER DARI TANGKAI BUNGA CENGKEH (Syzygium aromaticum L.)

MAULIA, ADRIANI (2020) ISOLASI DAN BIOAKTIVITAS ANTIBAKTERI METABOLIT SEKUNDER DARI TANGKAI BUNGA CENGKEH (Syzygium aromaticum L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
CD Skripsi Maulia Adriani (G1C016025).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Resistensi antibiotik terhadap bakteri menjadi masalah dalam dunia kesehatan. Eksplorasi bahan aktif baru yang memiliki aktivitas antibakteri yang berasal dari bahan alami perlu dilakukan, salah satunya adalah dari tangkai bunga cengkeh (Syzygium aromaticum L.). Telah dilakukan isolasi metabolit sekunder dari tangkai bunga cengkeh dengan menggunakan berbagai teknik kromatorgrafi serta eluen yang digunakan berupa perbandingan n-heksana: etil asetat: metanol yang kepolarannya ditingkatkan. Analisis senyawa dilakukan dengan menggunakan spektroskopi FTIR dan 1 H-NMR. Uji aktivitas antibakteri ekstrak aseton tangkai bunga cengkeh, eugenol, dan eugenol tersubstitusi kariofilen oksida (50, 100, dan 200 ppm) dilakukan dengan metode difusi sumuran terhadap Gram negatif (-) E. coli ATCC 25922 dan Gram positif (+) S. aureus ATCC 2592. Adanya zona hambat terhadap bakteri E. coli berturut-turut sebesar 12; 13,7; 14,4 mm (ekstrak aseton tangkai bunga cengkeh), 12; 13,3; 14,7 mm (eugenol), dan 12,3; 14,7; 16 mm (eugenol tersubstitusi kariofilen oksida), sedangkan pada bakteri S. aureus adanya zona hambat hanya terdapat pada ekstrak aseton tangkai bunga cengkeh dengan konsentrasi 200 ppm sebesar 11 mm. Nilai zona hambat pada bakteri E. coli tersebut menunjukkan bahwa ekastrak aseton tangkai cengkeh, eugenol, dan eugenol tersubstitusi kariofilen oksida aktif sebagai antibakteri dengan kategori zona hambat kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: tangkai bunga cengkeh, antibakteri, eugenol, Escherichia coli, Staphylococcuss aureus.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Dec 2020 06:08
Last Modified: 08 Dec 2020 06:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19863

Actions (login required)

View Item View Item