EFEKTIVITAS PERMAINAN EDUKATIF GIMPASI SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU MENGENAI PRAKTIK PEMBERIAN MPASI PADA TENAGA KESEHATAN DI PUSKESMAS KEDIRI DAN PUSKESMAS GUNUNG SARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Subula, Robbiki Zulula (2020) EFEKTIVITAS PERMAINAN EDUKATIF GIMPASI SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU MENGENAI PRAKTIK PEMBERIAN MPASI PADA TENAGA KESEHATAN DI PUSKESMAS KEDIRI DAN PUSKESMAS GUNUNG SARI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH KARYA TULIS ILMIAH..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)

Abstract

Latar Belakang: Sebagian besar gizi buruk disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat mengenai praktik pemberian MPASI. Sehingga dibutuhkan upaya penanganan dan pencegahan mengenai praktik MPASI yang baik dan benar. Keberhasilan promosi kesehatan memerlukan peran dan dukungan dari tenaga kesehatan. Sehingga, betapa pentingnya pengetahuan, sikap, dan perilaku tenaga kesehatan terhadap praktik pemberian MPASI Tujuan: Meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku tenaga kesehatan mengenai praktik pemberian MPASI pada Puskesmas Kediri dan Puskesmas Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat. Metode: Penelitian ini merupakan studi eksperimental dengan menggunakan metode intervensional dan pre-post test design. Pemilihan subjek dilakukan dengan cara rumus komparatif numerik berpasangan dua kali pengukuran berulang. Terdapat 56 responden yang mengikuti penelitian ini. Cara pengambilan data dilakukan dengan menggunakan pengisian kuisioner sebelum dan sesudah intervensi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik komparatif wilcoxon pada SPSS. Hasil: Nilai rata-rata tingkat pengetahuan responden sebelum intervensi adalah 4,83 dan meningkat menjadi 6,94 setelah intervensi. Sebanyak 16,1% yang memilki sikap baik sebelum intervensi dan berubah menjadi 60,7% setelah intervensi. Sebanyak 44,6% dengan tingkat perilaku baik sebelum intervensi dan berubah menjadi 57,1% setelah intervensi. Nilai P diuji terhadap tiga aspek, yaitu pengetahuan, sikap, dan perilaku. Hasil yang didapat pada ketiga aspek menggunakan Uji Wilcoxon diperoleh nilai p=0.001 Kesimpulan: Terdapat peningkatan pengetahuan, sikap, dan perilaku tenaga kesehatan mengenai praktik pemberian MPASI di Puskesmas Kediri dan Gunung Sari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Tingkat pengetahuan, sikap, perilaku, tenaga kesehatan, MPASI, GIMPASI
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Dec 2020 06:03
Last Modified: 08 Dec 2020 06:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19866

Actions (login required)

View Item View Item