FRAMING BERITA KEKERASAN POLISI TERHADAP JURNALIS PADA DEMONSTRASI REFORMASI DIKORUPSI DI MEDIA ONLINE TIRTO.ID EDISI SEPTEMBER - OKTOBER 2019

Siti, Zayana (2020) FRAMING BERITA KEKERASAN POLISI TERHADAP JURNALIS PADA DEMONSTRASI REFORMASI DIKORUPSI DI MEDIA ONLINE TIRTO.ID EDISI SEPTEMBER - OKTOBER 2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - SITI ZAYANA (L1B016081).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Aksi represif yang dilakukan oleh polisi terhadap jurnalis pada demonstrasi Reformasi Dikorupsi menjadi topik hangat di berbagai media kala itu. Namun dalam pemberitaannya, masing-masing media memiliki cara sendiri dalam mengemas berita mengenai kekerasan terhadap jurnalis. Perbedaan ini terlihat dari bingkai (frame) yang digunakan, ada aspek yang ditonjolkan dan ada aspek yang dihilangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana framing yang dilakukan media online Tirto.id pada pemberitaan kekerasan yang dilakukan oleh aparat kepolisian terhadap jurnalis pada demonstrasi Reformasi Dikorupsi edisi September - Oktober 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi yakni pengumpulan berita terkait dengan kata kunci Kekerasan Jurnalis 2019. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis framing model Robert N. Entman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Tirto.id cenderung menonjolkan fakta-fakta dan kronologi kekerasan yang dialami jurnalis, Tirto.id membingkai bahwa pelaku kekerasan terhadap jurnalis hanya berasal dari pihak kepolisian saja. 2) Tirto menunjukkan keberpihakan medianya dalam kasus yang diangkat, Tirto.id tidak melakukan wawancara kepada pihak kepolisian sebagai proses pengecekan fakta atau klarifikasi, sehingga Tirto.id secara tidak langsung membatasi persepsi publik dan hanya memfokuskan pada satu perspektif saja. 3) Pada beberapa beritanya, Tirto.id melakukan pemberitaaan dengan judul atau headline yang berbeda namun secara substansi sama sebagai bentuk penolakan atas aksi yang dilakukan aparat kepolisian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Analisis Framing, Tirto.id, Kekerasan Terhadap Jurnalis, Reformasi Dikorupsi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Dec 2020 01:43
Last Modified: 10 Dec 2020 01:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19881

Actions (login required)

View Item View Item