VARIASI REGIM LENGAS DAN SUHU TANAH PADA LAHAN YANG MENGALAMI PENUTUPAN AWAN RENDAH BERBASIS PETA TERRA MODIS DI PULAU LOMBOK

RENI, ANGGRAENI (2020) VARIASI REGIM LENGAS DAN SUHU TANAH PADA LAHAN YANG MENGALAMI PENUTUPAN AWAN RENDAH BERBASIS PETA TERRA MODIS DI PULAU LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lengas dan suhu tanah merupakan parameter sifat fisika tanah yang terkait erat dengan variasi iklim. Penelitian Deskrptif tentang “Variasi Regim Lengas dan Suhu Tanah Pada Lahan yang Mengalami Penutupan Awan Rendah” telah dilakukan, untuk mengetahui variasi lengas dan suhu tanah pada lahan yang mengalami penutupan awan rendah secara permanen berdasarkan peta Terra Modis di pulau Lombok. Data penutupan awan rendah diperoleh dari data satelit Terra Modis yang dideliniasi dengan peta Rupa Bumi (RBI). Data curah hujan harian diperoleh dari Badan Klimatologi Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kediri. Lengas dan suhu tanah diukur secara berkala dengan interval 10 hari, selama dua bulan berturut-turut (Maret dan April, 2020). Hasil penelitian menunjukkan, bahwa lengas tanah bervariasi secara temporal. Kadar lengas tanah lebih tinggi di daerah yang mengalami penutupan awan rendah pada tipologi lahan kering dengan jenis tanah Typic Eutrudept, ordo Inceptisols, daripada di daerah yang tidak mengalami penutupan permanen. Suhu tanah pada zona terbuka (tidak mengalami penutupan awan rendah) lebih tinggi dibandingkan dengan zona yang selalu mengalami penutupan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Terra Modis, Awan Rendah, Kadar Lengas Tanah, Suhu Tanah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Dec 2020 02:41
Last Modified: 10 Dec 2020 02:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19893

Actions (login required)

View Item View Item