ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN PENDAPATANUSAHATANI(CABAI BESAR DAN CABAI RAWIT) DI KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

DWI, AYUNING LESTARI (2020) ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN PENDAPATANUSAHATANI(CABAI BESAR DAN CABAI RAWIT) DI KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Dwi Ayuning Lestari (C1G016053) Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan biaya dan pendapatan usahatani cabai besar dan cabai rawit, menganalisis perbandingan penyerapan tenaga kerja usahatani cabai besar dengan cabai rawit, menganalisis tingkat efisiensi usahatani cabai besar dengan cabai rawit di Kecamatan Jonggat.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Unit analisis adalah petani produsen dan usahatani cabai besar dan cabai rawit. Penelitian ini dilaksanakan pada Kecamatan Jonggat.Pengumpulan data menggunakan teknik survey.Penentuan daerah penelitian secara Purposive Sampling, penentuan jumah responden secara Slovin Method.Analisis data penerimaan dan pendapatan, analisis t-test, analisis efisiensi usahatani.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata rata biaya yang dikeluarkan oleh petani cabai besar adalah sebesar Rp.12.536.642 per hektar.Dan untuk pendapatan petani cabai besar yaitu sebesar Rp.42.875.536 per hektar.Sedangkan rata-rata biaya yang dikeluarkan petani cabai rawit adalah sebesar Rp.10.779.784 per hektar.Dan untuk pendapatan petani cabai rawit yaitu sebesar Rp.47.729.497 per hektar.Penyerapan tenaga kerja atau peluang hari kerja orang pada usahatani cabai besar yaitu sebanyak 78.05 HKO per hektar.Sedangkan untuk usahatani cabai rawit memiliki peluang hari kerja orang sebesar 69.11 HKO per hektar. Dengan nilai R/C Ratio untuk cabai besar yaitu sebesar 4,51 dan cabai rawit sebesar 4.38.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Biaya, Pendapatan, Cabai Besar, Cabai Rawit
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Dec 2020 02:41
Last Modified: 10 Dec 2020 02:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19894

Actions (login required)

View Item View Item