IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DALAM MEYELESAIKAN SOAL KIMIA PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI OLEH PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ILMA HUSNA ZUHULLAILI, BQ (2020) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DALAM MEYELESAIKAN SOAL KIMIA PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI OLEH PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BQ ILMA HUSNA ZUHULLAILI (E1M016008).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik dalam menyelesaikan soal essay, mendeskripsikan faktor penyebab miskonsepsi peserta didik, mengetahui letak miskonsepsi yang dialami peserta didik dalam menjawab soal pada materi reaksi reduksi oksidasi, dan mendeskripsikan tingkat miskonsepsi untuk setiap jenis kesalahan Newman yang dilakukan oleh peserta didik kelas X SMA 1 Kediri tahun pelajaran 2019/2020 dalam menyelesaikan soal essay materi kimia reaksi reduksi oksidasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara kemudian di analisis dan diidentifikasi mengunakan prosedur Newman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan peserta didik terjadi pada semua tahap yang dikemukakan oleh Newman. Pada tahap Reading Errors persentase kesalahan peserta didik adalah 8,33 % dengan tingkat kesalahan rendah, pada tahap Comprehension Errors persentase kesalahan peserta didik adalah dengan tingkat kesalahan rendah, pada tahap Transformation Errors persentase kesalahan peserta didik adalah dengan tingkat kesalahan rendah, pada tahap Process Skill Errors persentase kesalahan peserta didik adalah dengan tingkat kesalahan sedang, dan pada tahap Encoding Errors persentase kesalahan peserta didik adalah dengan kategori kesalahan sangat rendah. Faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan pada setiap tahap Newman adalah peserta didik kurang teliti, tergesa-gesa, kurang memahami langkah-langkah yang digunakan, lupa tentang materi prasyarat sifat, dan prosedur pengerjaanya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Identifikasi Kesalahan, Reaksi Reduksi Oksidasi, Indikator Kesalahan Newman
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Dec 2020 02:41
Last Modified: 10 Dec 2020 02:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19899

Actions (login required)

View Item View Item