KELIMPAHAN DAN KEANEKARAGAMAN BACILLARIOPHYCEAE SEBAGAI BIOINDIKATOR PENCEMARAN AIR DI PERAIRAN PANGKALAN PENDARATAN IKAN TANJUNG LUAR

NISWATUL, AUDAH (2020) KELIMPAHAN DAN KEANEKARAGAMAN BACILLARIOPHYCEAE SEBAGAI BIOINDIKATOR PENCEMARAN AIR DI PERAIRAN PANGKALAN PENDARATAN IKAN TANJUNG LUAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Niswatul Audah_ E1A016046.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kondisi perairan Tanjung Luar sebagai tempat pembuangan limbah dari kegiatan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) dengan fitoplankron sebagai bioindikator belum pernah dilaporkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelimpahan dan keanekaragaman Bacillariophyceae serta tingkat pencemaran perairan PPI Tanjung Luar. Metode penentuan titik sampling menggunakan systematic random sampling. Data Bacillariophyceae ditentukan dengan menggunakan perhitungan kelimpahan, indeks keanekaragaman spesies dan indeks dominansi spesies. Indeks kesamaan spesies antar titik sampel ditentukan berdasarkan Bray-Curtis Claster Analysis menggunakan program Primer versi 7. Hasil penelitian menunjukkan kelimpahan spesies Bacillaryophyceae sebesar 322,000 ind/L tergolong kategori rendah, indeks keanekaragaman Bacillariophyceae tergolong sedang yakni 2,162, dan indeks dominansi 0,138 (tidak ada yang mendominasi). Hasil Bray-Curtis Cluster Analysis menunjukkan bahwa indeks kesamaan tertinggi terdapat antara titik sampel II dan III yakni 57.9% dan indeks kesamaan spesies terendah terdapat antara titik sampel I dan II yakni 23.7%. Pencemaran air yang terjadi di perairan PPI Tanjung Luar tergolong tingkat tercemar sedang dan kesuburan oligotrofik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perairan Tanjung Luar, PPI, Bacillariophyceae, Kualitas Perairan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Dec 2020 07:25
Last Modified: 10 Dec 2020 07:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19911

Actions (login required)

View Item View Item