PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DARI BATANG SEMU SERAI (Cymbopogon citrates) DAN DAUN KEMANGI (Ocimum sanctum) TERHADAP TANGKAPAN LALAT BUAH Bactrocera sp. (Tephritidae)

ANGELINA, PUTRI AYU LESTARI (2020) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DARI BATANG SEMU SERAI (Cymbopogon citrates) DAN DAUN KEMANGI (Ocimum sanctum) TERHADAP TANGKAPAN LALAT BUAH Bactrocera sp. (Tephritidae). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ANGELINA PUTRI AYU LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Iklim tropis di Indonesia mendukung kehadiran banyak jenis tanaman yang berpotensi sebagai sumber penghasil sayuran dan buah yang berlimpah, namun keberadaan lalat buah menjadi kendala dalam produktifitas buah dan sayuran. Serai dan kemangi telah diteliti mengandung beberapa senyawa yang berpotensi untuk mengendalikan serangan lalat buah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak etanol batang semu serai serai (Cymbopogon citrates) dan daun kemangi (Ocimum sanctum) terhadap tangkapan lalat buah Bactrocera serta menentukan konsentrasi ekstrak yang memiliki jumlah tangkapan tertinggi. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu rancangan acak kelompok (RAK) faktorial. Ekstrak etanol batang semu serai dan daun kemangi serta campurannya dengan konsentrasi yang berbeda yaitu 15%, 30% dan 45% diteteskan pada kapas kemudian dipasang dalam perangkap yang akan diletakkan pada pohon. Ekstrak etanol pada tiap konsentrasi diamati apakah memiliki perbedaan nyata terhadap jumlah tangkapan lalat buah. Data diuji dengan analisis varians (uji F) pada α = 0,05, dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol batang semu serai dan daun kemangi baik ekstrak tunggal maupun kombinasi keduanya dapat meningkatkan secara nyata terhadap tangkapan lalat buah Bactrocera dibandingkan tanpa menggunakan ekstrak tersebut. Perbedaan konsentrasi ekstrak tidak menyebabkan perbedaan kemampuan dalam menarik lalat buah. Kesimpulan penelitian adalah ada pengaruh ekstrak etanol batang semu serai dan daun kemangi terhadap tangkapan lalat buah Bactrocera dan ekstrak tersebut direkomendasikan menjadi alternatif pestisida non sintetis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Lalat Buah, Bactrocera, Serai, Cymbopogon citrates, Kemangi, Ocimum sanctum, Ekstrak Etanol
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Dec 2020 08:11
Last Modified: 10 Dec 2020 08:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19916

Actions (login required)

View Item View Item