SIMULASI PENGARUH UKURAN DIAMETER PORI MEMBRAN DAN TEKANAN ALIRAN DARAH TERHADAP TRANSAFER MASSA PADA PERMUKAAN PERMEABEL

Sholeh Indra Gunawan, M. (2020) SIMULASI PENGARUH UKURAN DIAMETER PORI MEMBRAN DAN TEKANAN ALIRAN DARAH TERHADAP TRANSAFER MASSA PADA PERMUKAAN PERMEABEL. S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hemodialisis merupakan salah satu terapi pengganti ginjal buatan yang bertujuan untuk membuang sisa-sisa produk metabolisme (protein) dan mengoreksi gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit antara kompartemen darah dan cairan dialisat melalui membran permeabel dalam dialyzer yang berperan sebagai ginjal buatan melalui proses difusi. Kinerja sebuah dialyzer pada alat hemodialisa sangat dipengaruhi oleh pori membran permeable. Penelitian tentang pengaruh pori membran terhadap transfer massa relative masih terbatas. Maka untuk itu dilakukan simulasi memvariasi pengaruh diameter pori membran dengan ukuran 0,4 µm, 1 µm dan 3 µm dan memvariasi tekanan masuk 80 mmHg, 100 mmHg, dan 120 mmHg. Simulasi dilakukan bertujuan untuk mengetahui transfer massa, tegangan geser, bilangan Reynold, dan pressure drop mempergunakan biofluida darah dengan laju aliran 40 ml/menit. Hasil penelitian didapatkan semakin besar diameter pori dan tekanan masuk membran akan menyebabkan semakin besar pula transfer massa yang terjadi. Pada pengujian dengan darah didapatkan koefisien difusi tertinggi pada pori 3 µm dengan tekanan masuk 120 mmHg sebesar 3,37 x 10-7 m3 /s, dan koefisien difusi terkecil pada pori 0,4 µm dengan tekanan masuk 80 mmHg sebesar 4.15 x 10-8 m3 /s. untuk karakteristik tegangan geser didapatkan bahwa semakin besar pori dan tekanan masuk maka tegangan geser akan semakin besar. Pada pengujian karakteristik tekanan didapatkan bahwa semakin besar pori dan tekanan masuk maka penurunan tekanan yang melintas di atas membran akan semakin besar, Pada pengujian terhadap karaktersitik aliran didapatkan bahwa semakin besar pori maka bilangan Reynold semakin besar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Dialyzer, transfer massa, pori membran, tekanan masuk,
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Dec 2020 01:46
Last Modified: 14 Dec 2020 03:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19919

Actions (login required)

View Item View Item