NILAI-NILAI DALAM TRADISI NTUMBU PADA MASYARAKAT SUKU MBOJO (Studi Deskriptif Pada Masyarakat di Desa Ntori Kecamatan Wawo Kabupaten Bima)

AYULESTARI, AYULESTARI (2020) NILAI-NILAI DALAM TRADISI NTUMBU PADA MASYARAKAT SUKU MBOJO (Studi Deskriptif Pada Masyarakat di Desa Ntori Kecamatan Wawo Kabupaten Bima). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pelaksanaan tradisi Ntumbu pada masyarakat di Desa Ntori Kecamatan Wawo Kabupaten Bima? (2)Apa saja nilai-nilai dalam tradisi Ntumbu pada masyarakat di Desa Ntori Kecamatan Wawo Kabupaten Bima? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan motode etnografi.Subyek ditentukan dengan dan informan ditentukan dengan menggunakan Purposive Sampling.Data yang bersumber dari observasi, wawancara dan dokumentasi diolah dengan menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Beberapa hal yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu:(1) Pelaksanaan tradisi Ntumbu (adu kepala) terdapat tiga tahap kegiatan yakni tahap awal, tahap inti dan tahap penutup. Adapun persiapan awal yang dilakukan dalam tradisi Ntumbu yakni sebagai berikut: (a) tahap awal pada persiapan Ntumbu yakni menyiapakan peralatan serta sesajen yang akan digunakan dalam dalam tradisi Ntumbu adapun soji (sesajen yang dipersiapakan yakni: telur ayam, beras putih, beras kuning, nasi putih, nasi merah, nasi yang di hitamkan, pisang, kelapa, ayam hidup, ayam yang sudah disembelih, air putih, dan beberapa jenis kue lainya. (b) tahap inti yaitu ritual kalondo genda (mendo,akan gendang) serta penyajian tari adu kepala atau Ntumbu pada masyarakat di Desa Ntori Kecamatan Wawo Kabupaten Bima dalam penyajian Ntumbu terdiri dari gerak tari, yang terdiri dari 5 ragam gerak yaitu: a Hormat (hormat), b Mbiri Sala (hadap salam), c Tampu,u Wa,a atau Lampa Sese (jalan bejinjit), d Mpa,a Ntumbu (adu kepala), e Ruku Hade (gerak tutup), dan tahap penutup pada tradisi Ntumbu yaitu do,a dan istirahat. (2) Nilai-nilai dalam tradisi Ntumbu di Desa Ntori Kecamatan Wawo Kabupaten Bima adapun nilai-nilai dalam tradisi Ntumbu (adu kepala) yakni sebagai berikut: (a) Nilai religius, (b) Nilai sosial (c) Nilai Gotong Royog (d) Nilai Silaturahmi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Nila-Nilai, Tradisi Ntumbu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Dec 2020 03:09
Last Modified: 11 Dec 2020 03:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19946

Actions (login required)

View Item View Item