PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENGEMBANGKAN PRINSIP TRANSPARANSI GOOD GOVERNANCE (Studi Deskriptif Desa Monggas, Kec. Kopang, Kab. Lombok Tengah)

NANI, IRIANTI (2020) PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENGEMBANGKAN PRINSIP TRANSPARANSI GOOD GOVERNANCE (Studi Deskriptif Desa Monggas, Kec. Kopang, Kab. Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NANI IRIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah desa dalam pelaksanaan prinsip transparansi, faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan prinsip transparansi, dan upaya pemerintah desa dalam menangani faktor penghambat dalam pelaksanaan prinsip transparansi di Desa Monggas, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah. Subyek penelitian ini adalah perangkat desa dan informan dalam penelitian adalah BPD, tokoh adat dan tokoh masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa 1) peran pemerintah desa dalam pelaksanaan prinsip transparansi di Desa Monggas, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan keinginan UU No. 6 Tahun 2014 tentang desa. Hal ini terlihat dalam penyelenggaraan pemerintahan desa baik itu pelayanan, pembangunan desa, maupun pemberdayaan masyarakat desa dilakukan dengan adanya keterlibatan masyarakat dalam perencanaan, adanya keterbukaan dalam pelaksanaan program, dan adanya laporan pertanggungjawaban yang disampaikan kepada Badan Permusyawarata Desa (BPD) dan kabupaten melalui kecamatan. 2) faktor yang mempengaruhi pelaksanaan prinsip transparansi di desa monggas yakni faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung berupa fasilitas, sumber daya manusia dan adanya regulasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Faktor penghambat berupa faktor keuangan dan partisipasi masyarakat, 3) upaya pemerintah desa monggas dalam menangani faktor penghambat pelaksanaan prinsip transparansi adalah meningkatkan pembiayaan untuk mendorong penyelengaraan pemerintahan desa, mengadakan forum diskusi dan penerapan strategi untuk mewujudkan transparansi pemerintahan yang baik. Kata Kunci : Peran, Pemerintah, Transparansi

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Peran, Pemerintah, Transparansi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2020 00:29
Last Modified: 14 Dec 2020 00:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19967

Actions (login required)

View Item View Item